021-3473-4741

BOOK NOW

Teluk Cendrawasih Dari Papua Sebagai Surga Lautnya Indonesia

Teluk Cendrawasih

Teluk Cendrawasih

Indonesia Banyak keanekaragaman hayati yang patut di acungi jempol. Ngga cuma keanekaragaman di darat saja, namun keanekaragaman laut juga sangat terkenal. Yaa salah satunya taman laut nasional teluk cendrawasih yang terletak di pulau Papua.

Pulau cantik yang dikelilingi pulau-pulau kecil lainnya menjadikan taman laut nasional teluk cendrawasih ini memiliki banyak objek wisata. Taman ini terletak diantara dua kabupaten, yaitu kabupaten teluk wondama dan kabupaten nabire. Taman nasional ini adalah taman dengan perairan terluas di Indonesia. Sekitar 0,9% saja daratan dan pesisir pantai. Sisanya pulau-pulau, terumbu karang, dan sekitar 89,8% adalah perairan lautan.

Namanya juga taman nasional teluk, tentu wilayah airnya yang lebih banyak dan pasti banyak objek laut yang patut anda saksikan. Indahnya terumbu karang yang masih alami dengan warna-warnanya yang cerah ditambah lagi cantiknya makhluk laut yang tinggal disekitarnya, menjadi alasan anda harus berkunjung kesini.

Surga lautnya ngga kalah dengan bunaken atau yang lainnya. Taman nasional yang diresmikan pada tahun 1993 oleh kementerian kehutanan ini, memiliki spot-spot diving dan snorkeling yang wajib anda coba.



Saat anda menyelam, akan dapat berselfie ria dengan ikan-ikan imut nan lucu, seperti butterfly fish, angelfish, anemonfish, rabbitfish, parrotfish, damselfish, Dan lainnya. Bahkan jika anda beruntung, anda akan melihat lumba-lumba, hiu paus, dan beberapa penyu yang sering melintasi area tersebut. Indah bukan:)

Ngga hanya ikan-ikan cantik yang tinggal di taman ini. Beberapa moluska dan penyu hidup di sekitar taman juga. Beberapa jenis moluska seperti keong kerucut, keong crowries, keong strombidae, triton terompet, dan kima raksasa hidup disini. Beberapa jenis penyu sering mendarat dan berenang di sekitar taman seperti penyu sisik, penyu hijau, penyu lekang, dan penyu belimbing. Ada juga duyung, paus biru, ketam kelapa, lumba-lumba dan hiu.

Tidak hanya binatang lautnya saja, pulau-pulau sekelilingnya pun menjadi objek wisata menarik lainnya. Pulau-pulau kecil tersebut mengandung banyak objek wisata juga seperti pulau misowaar yang di dalamnya terdapat goa alam peninggalan zaman purba dan sumber air panas yang mengandung belerang tanpa kadar garam. Beberapa pulau lain seperti pulau rumberpon terdapat pengamatan satwa, penangkaran rusa, diving dan snorkeling, kerangka pesawat jepang yang jatuh disekitarnya, pulau nusrowi, pulau yoop dan perairan windesi, dan pulau roon.



Sebelum anda datang berlibur, harus dipastikan objek wisata apa saja yang akan dinikmati. Karena kalau ngga, anda akan bingung mau menikmati yang mana. Banyaknya objek wisata disini membuat anda ngga akan kehabisan pilihan tuuh. Jadi tinggal pilih saja dan nikmati pilihan anda… 🙂 selamat memilih yaah 😉

  • Kenjiro Kammi

    Saya belum pernah kesini. Ide bagus. Semoga tahun depabln bisa terealisasi 😀

  • Sony Dwi Kuncoro

    Harga dan waktu available buat nyelam disini gimana kak? mohon infirmasinya dong. Thanks

  • Nurr

    Teluk Cendrawasih Dari Papua Sebagai Surga Lautnya Indonesia