021-3473-4741

BOOK NOW

Tumbak! Si Bunaken Jilid II Yang Menakjubkan

Tumbak - Manado (Bunaken Jilid II)

Tumbak – Manado (Bunaken Jilid II)

Liburan kemana lagi yaa kali ini? Bosan dengan tempat liburan yang ramai? Atau yang itu-itu terus? Mau liburan yang tenang? Yang ngga kalah indahnya dengan tempat terkenal lainnya? Lebih murah lagi. Susah ngga yaa nyarinya?. Yaa jawabannya tentu saja tidak susah.

Jika anda baru saja selesai berlibur di taman laut nasional bunaken, langsung aja anda menuju taman laut tumbak. Tempatnya yang masih natural dan masih kurang pengunjung ini cocok untuk kamu yang cinta damai, tentang, dan lagi pengen sendiri setelah manghabiskan waktu di hiruk-pikuk keramaian kota.

Letaknya ngga jauh dari pusat kota manado, sekitar 3 jam saja dengan kendaraan darat. Taman laut tumbak terletak di kabupaten minahasa tenggara, kecamatan pasumean, berada di sebuah desa yang bernama tumbak. Jadi ngga salah kalau menyebutnya tumbak karena berasal dari nama desanya. Taman laut ini masih belum terkenal seperti bunaken. Namun, keindahan surga lautnya pantas untuk disandingkan dengan bunaken.

Ciri khas dari tempat ini yang berbeda dari bunaken adalah banyaknya pulau-Pulau kecil dengan pasir putih yang menawan. Anda dapat melihat keindahan alam taman laut tumbak dari atas bukit layang.  Apa saja yang bisa dilakukan di taman laut tumbak? Tentu saja banyak. Di taman laut tumbak ada banyak spot untuk melakukan diving dan snorkeling. Ada sekitar 20 spot untuk diving dan snorkeling. Beberapa spot menarik seperti napo kipas, bogaha kecil, taman karang, pintu samudra, MFT 1, MFT 2, bogaha mangrove. Setelah diving dan snorkeling, anda bisa menikmati pemandangan alam sekitar dengan menaiki perahu mengelilingi hutan mangrove dan melakukan tracking dipulau-pulau cantik berpasir putih seperti pulau baling-baling, pulau ponteng dan tumbak itu sendiri.
Gimana?? Seru bukan??

Taman Laut Tumbak - Manado

Taman Laut Tumbak – Manado



Ngga perlu pusing dengan penginapannya. Karena walaupun masih kurang pengunjung, penduduk setempat banyak membangun cottage dan homestay. Salah satunya penginapan yang berada di atas laut. Namanya water cottage. Cottage ini terdiri dari dua kamar yang terbuat dari papan. Untuk mencapai cottage butuh waktu 15 menit dari desa tumbak dengan menggunakan perahu bermotor.

Tarif menginap di cottage berkisar Rp 350.000 per malam. Di cottage, anda bisa melihat sunset dari sebelah kiri gunung saputan. Anda juga dapat melihat banyaknya karang hidup di sekitar cottage. Saat anda bosan, sudah di sediakan tuuh alat pancing untuk menemani anda. Hehehe

Sejatinya, jika anda ingin menikmati semua tempat menarik tersebut, ngga cukup kalau anda cuma berlibur satu hari disana. Banyaknya spot wisata yang harus dikunjungi oleh anda begitu sudah sampai disana. Butuh dua hari supaya anda bisa menikmati semua tempat indah tersebut.

Jangan sia-siakan waktu anda yang berharga disana hanya untuk menikmati salah satu tempat saja. Besar kemungkinan jika anda kembali ke taman laut tumbak, sudah semakin ramai dan tentunya, besar lagi biayanya.  Jadi Nikmatilah liburan anda dengan sekarang…:)

  • Nurr

    Tumbak! Si Bunaken Jilid II Yang Menakjubkan