021-3473-4741

BOOK NOW

Makanan Tradisional Indonesia Yang Go-Internasional



Sate Ayam - Indonesia

Sate Ayam – Indonesia

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam apalagi rempah-rempahnya yang terkenal sudah mendunia sejak dulu. Tidak heran dengan banyaknya rempah-rempah tersebut, yang kemudian di racik sedemikian rupa hingga menghasilkan masakan khas Indonesia yang terkenal hingga ke manca negara.

Rempah-rempah Indonesia yang sejak dulu terkenal ini adalah salah satu alasan banyaknya negara asing yang bersaing memperebutkan kekuasaan atas wilayah Indonesia untuk mengeksploitasi hasil alam Indonesia. Namun sekarang Indonesia telah berjaya dan dapat menggunakan hasil alam tersebut untuk kepentingan bersama dan nasional.

Banyak dari kita yang tidak tahu dan berfikiran bahwa masakan Indonesia hanya biasa saja dan disajikan di wilayah Indonesia saja. Namun tahukah anda, bahwa makanan Indonesia ada yang sudah mendunia looh. Masakan Indonesia yang terkenal biasa-biasa saja itu, siapa sangka sudah keliling dunia dan mengharumkan nama Indonesia dari bidang kuliner.

Kuliner tradisional apa sajakah yang telah menjadi makanan favorit mancanegara? Ini dia…

1. Rendang

Makanan khas Padang, Sumatra Barat ini menjadi jawara kuliner terkenal dari Indonesia. Makanan yang terkenal dengan lamanya proses memasak ini, nyatanya mampu bersaing dengan rasa dari berbagai masakan mancanegara lainnya. Masakan dengan bahan utamanya adalah daging sapi, di masak dengan rempah-rempah lainnya. Kemudian dimasak berulang-ulang dengan menggunakan santan kelapa hingga menghasilkan warna hitam dengan daging yang empuk ditambah rasanya yang pedas manis dan rasa rempah lainnya yang pastinya membuat para penikmatnya ketagihan.

Makanan ini sudah terkenal hingga ke

2. Sate

Makanan asli Indonesia yang berasal dari Madura ini manjadi salah satu kuliner yang telah mendunia. Makanan yang bahan utama adalah daging kemudian di panggang di atas bara api ditambah saus kacang sebagai bumbu utamanya sangat terkenal di manca negara. Tidak jarang para wisatawan asing pulang dengan membawa sate sebagai oleh-oleh untuk keluarganya.

3. Nasi Kuning

Nasi yang dimasak dengan rempah-rempah dan berwarna kuning ini ternyata penikmatnya bukan hanya warga Indonesia saja, warga negara asing pun sangat mencintai cita rasa dari masakan yang satu ini. Nasi yang sudah diberi rasa ini dapat langsung dinikmati ataupun ditambah dengan pelengkap lainnya seperti telur dadar, telur rebus, ikan, dan lauk pauk lainnya.

Nasi kuning kerap disajikan dalam upacara-upacara adat dalam bentuk nasi tumpeng, nasi yang berbentuk kerucut ini sangat terkenal di semua kalangan bahkan para pelancong manca negara sangat menikmatinya.

4. Nasi Goreng

Nasi yang satu ini sudah kita kenal dari kecil yaah. Biasanya kalo lagi males masak, kita langsung masak nasi goreng dengan bumbu yang ala kadarnya seperti hanya bawang putih dan bawang goreng beserta rica dan telur dasar sebagai lauknya. Menu yang biasa kita nikmati disela-sela tidak ada makanan lain ini ternyata telah mendunia looh. Ngga nyadar kan?!

Namun dalam perkembangannya, nasi goreng sekarang banyak varian rasa yang yang menggugah selera. Dan tentunya dimasak tidak dengan resep yang biasa-biasa lagi.

5. Gado-Gado

Inilah makanan asli Jawa yang terbuat dari berbagai sayur yang dimasak dan dicampur semua dengan sambal saus kacang yang membuat orang ketagihan. Gado-gado juga lain wilayah lain lagi nama dan cara penyajiannya. Beberapa menu lain yang mirip dengan gado-gado seperti ketoprak, pecel, karedok, dan nama lainnya di setiap wilayah Indonesia. Namun cara penyajiannya yang berbeda menjadikannya ciri khas masing-masing wilayah.

Gado-gado yang bahan utamanya sayuran seperti kol, selada, ketimun, tahu, tempe, tauge atau kecambah, kacang panjang, kangkung, di rebus dan dicampurkan dengan sambal kacang. Tak ketinggalan biasanya di sajikan dengan lontong.

Menikmati kuliner satu ini tidak perlu menunggu waktu yang pas, waktu yang pas hanya saat anda sedang lapar. Saat kenyangpun anda boleh menikmatinya.

6. Soto

Makanan ini punya banyak nama di seluruh wilayah Indonesia. Setiap wilayah beda cara penyajiannya dan resepnya. Namun yang pasti setiap soto adalah makanan berkuah. Makanan ini cocok anda nikmati saat cuaca dingin, dapat mengahangatkan tubuh dengan kuahnya yang panas.

Nah itulah nama-nama kuliner tradisional Indonesia yang telah mendunia. Bangga rasanya menjadi warga negara Indonesia, ternyata kuliner Indonesia di akui sebagai slah satu makanan terenak di dunia dan mampu melebihi cita rasa dari kuliner luar negeri yang terkenal dengan kemewahan makanannya.

Semoga akan ada banyak kuliner Indonesia yang siap mendunia lagi dan mengharumkan nama kuliner Indonesia, selamat menikmati.

Related Post

  • Nurr

    Makanan Tradisional Indonesia Yang Go-Internasional