Blog

4 Hal Yang Selalu Kamu Lewatkan di Jakarta

By November 11, 2017 One Comment



Pertanyaan ini sering kami terima dari review users dari berbagai thirdparty seperti Tripadvisor, Booking, Facebook, Google, dan Website resmi hotel. Bahkan hampir setiap hari users menanyakan hal yang sama mengenai alat transportasi yang murah dan nyaman di Jakarta.

Jakarta memiliki alternatif transportasi yang sangat lengkap dan berstandar internasional, seperti Busway, LRT, dan sedang dalam pembangunan yaitu MRT. Transportasi ini memiliki jalur sendiri di seluruh penjuru Jakarta. Anda tidak akan terkena macet seperti mobil umum lainnya, kecuali busway itu sendiri yang mengalami macet bersama kendaraan busway lainnya.

Berikut saya buat daftar hal-hal yang sering dilewatkan pengunjung hotel kami melalui berbagai review dan live chat:

Bus gratis untuk keliling lokasi wisata di Jakarta

Tidak banyak yang tau bahwa Jakarta memiliki transportasi bus yang bisa digunakan untuk keliling lokasi wisata di Jakarta dan ini benar-benar gratis. Anda hanya akan diberikan sebuah tiket untuk masuk ke dalam bus, namun Anda tidak akan diminta membayar apapun.

Bus ini biasa disebut dengan Bus Pariwisata Jakarta. Bus yang disediakan oleh pemerintah kota Jakarta ini sangat bermanfaat untuk turis lokal dan internasional. Karena selain Anda di ajak keliling kota, mereka juga akan memberikan informasi dari setiap lokasi wisata yang di lewati.

Bus ini juga akan berhenti di titik tertentu yang dinilai memiliki pengunjung besar seperti Monas, Museum Nasional, Kota Tua, Pasar Baru, Kali Jodo, dan lain-lain. Jangan khawatir apabila Anda tidak bisa kembali ke hotel, karena bus ini akan selalu kembali ke titik awal keberangkatannya. Jika Anda naik dari Monas dengan tujuan ke Kalijodo, maka jangan turun dan terus naik bus tersebut sampai mereka kembali lagi ke Monas.

Bus ini juga akan membatasi jumlah penumpang sesuai dengan kursi yang tersedia. Mereka tidak akan membiarkan Anda masuk dan berdiri di dalam. Jangan khawatir apabila Anda tidak bisa menggunakan bus di waktu tertentu, karena bus yang lainnya akan datang kembali dalam 15 – 30 menit berikutnya. Pemerintah Kota Jakarta telah menyediakan bus tersebut dalam jumlah yang sangat banyak, Anda tidak akan kehabisan bus ini.

Transportasi busway

Jika kamu warga Jakarta pasti sudah sangat sering menggunakan transportasi busway. Namun untuk turis lokal atau internasional, mungkin masih banyak yang belum tau. Busway menjadi transportasi paling sering digunakan oleh warga Jakarta selain kereta / LRT.

Bahkan dengan tingginya angka warga Jakarta yang menggunakan Busway, pemerintah mencanangkan agar Busway beroperasi selama 24 jam. Saat ini beberapa jalur seperti Kota dan Ragunan telah beroperasi 24 jam dan dihari libur.

Harganya sangat terjangkau, yaitu hanya Rp.3.500. Dengan tarif ini Anda bisa keliling Jakarta, dengan syarat Anda tidak turun dari halte Busway. Jika Anda masih terus menggunakan busway pada tujuan tertentu bahkan jika itu menempuh jarak yang sangat jauh tarifnya tetap sama yaitu Rp.3.500.

Umumnya transportasi ini digunakan oleh warga Jakarta untuk beraktifitas dan pergi bekerja. Sehingga jika Anda menggunakan busway di pagi hari atau sore hari ketika bukan hari libur maka Anda akan berdesak-desakan dengan banyaknya orang yang menggunakan trasportasi ini. Saya sarankan untuk menggunakan Busway dari jam 10:00 sampai 15:00.

Untuk dapat naik Busway Anda butuh kartu / tiket yang hanya tersedia di loket halte busway. Harganya hanya Rp.20.000 dan itu bisa diguanakan juga untuk naik LRT atau membeli minuman pada toko-toko tertentu.

Daftar museum di Jakarta

Mungkin Anda hanya mengenal Museum Nasional Indonesia (atau yang juga dikenal: Museum Gajah). Apakah Anda tau jika Monas juga memiliki museum yang sangat besar tepat dibawah menaranya? Tidak hanya itu Jakarta memiliki daftar museum yang sangat lengkap dan menjadi salah satu yang paling lengkap di Asia.

Museum lainnya yaitu, Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri, Museum Tekstil, Museum Ciputra World, Museum Nasional Indonesia, Museum Monas, Museum Arsip dan lain-lain. Totalnya bahkan lebih dari 10 lokasi dan hampir semua lokasi memiliki ukuran bangunan yang sangat besar.

Jika Anda bertujuan hanya untuk berkeliling ke seluruh museum dalam sehari saya rasa tidak akan cukup. Anda butuh waktu beberapa hari di Jakarta, untuk berkeliling ke semua museum yang ada. Soal harga jangan khawatir, karena rata-rata museum di Jakarta hanya bertarif Rp.5.000 sampai Rp.20.000. Soal harga masih sangat bersahabat.

Pulau Seribu

Tidak ada yang asing dengan pulau seribu. Pasti Anda sagat mengenal Pulau Seribu dengan baik. Pertanyaan saya Adalah: berapa pulau yang pernah Anda kunjungi? Apakah tempat ini sangat mengesankan buat Anda?

Pertanyaan paling sering muncul dari pengunjung hotel kami adalah bagaimana menjangkau lokasi tersebut dan pulau mana yang paling direkomendasikan.

Harapan saya, perjalanan Anda bulan depan akan lebih menyenangkan dan berjalan dengan lancar. Alternatif yang kami berikan adalah yang terbaik saat ini. Untuk tips dan trik lainnya akan kami perbaharui secara berkala di topic yang lain.

rchhats

rchhats

Apakah kamu punya banyak pertanyaan dan belum terjawab? Itu sudah cukup - karena banyak orang tidak beruntung dan mereka hidup tanpa pertanyaan.