Blog

Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang

By March 24, 2018 One Comment
Asian Games 2018 di Indonesia

Asian Games 2018 di Indonesia

Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Beberapa wilayah sudah ditunjuk untuk menjadi tempat berlangsungnya semua cabang olah raga. Lokasi tersebut adalah Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Banten, dan Provinsi Sumatera Selatan.

Presiden telah membentuk komite yang akan bertanggungjawab atas penyelenggaraan agenda olah raga paling besar di Asia ini. Komite tersebut adalah INASGOC. INASGOC atau Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee adalah komite resmi yang secara langsung ditunjuk oleh presiden.

Asian Games adalah ajang olahraga yang diselenggarakan setiap 4 tahun sekali. Atlet-atlet dari seluruh Asia akan ikut serta dalam cabang olahraga yang ada. Berikut adalah cabang olahraga yang akan di selenggarakan pada Asian Games 2018:

Cabang Olah Raga di Asian Games 2018

  1. Anggar
  2. Angkat berat
  3. Atletik
  4. Balap sepeda
  5. Berenang
  6. Berkuda
  7. Bilyar & Snooker
  8. Binaraga
  9. Boling
  10. Bisbol
  11. Bola basket
  12. Bola tangan
  13. Bola voli
  14. Bulu tangkis
  15. Catur
  16. Dayung
  17. Golf
  18. Gulat
  19. Hoki
  20. Judo
  21. Kano
  22. Kabaddi
  23. Karate
  24. Layar
  25. Menembak
  26. Panahan
  27. Pentatlon Modern
  28. Rugbi
  29. Senam
  30. Sepak bola
  31. Sepak takraw
  32. Sofbol
  33. Soft tennis
  34. Squash
  35. Taekwondo
  36. Tenis
  37. Tenis meja
  38. Tinju
  39. Triatlon
  40. Wushu
  41. Yachting

Sejarah Asian Games

Perang Dunia II meninggalkan jejak kelam dan membuat berbagai negara mengalami penderitaan serta kerugian yang sangat besar. Baik secara materi maupun mental. Kemudian setelah perang tuntas, berbagi negara di Asia menerima kemerdekaannya. Akhirnya negara-negara tersebut mebentuk sebuah kompetisi untuk menunjukan kekuasaan sebuah negara. Kompetisi itu diharapkan membuat negara-negara di Asia tidak lagi menunjukan kekuatannya dengan kekerasan dan kekuatan melalui peperangan, melainkan sportifitas di dalam olah raga.

Perselisihan dan hambatan juga dialami pada awal pembentukan ajang kompetisi olahraga ini. Namun kebersamaan dan sebuah mimpi yang besar untuk membuat perdamaian itu membuat cabang olah raga ini tetap berdiri hingga sekarang.

Asian Games pertama kali di selenggarakan di India pada tahun 1951, kemudian Jepang keluar menjadi juara umum. Jepang terus mendominasi dan menjadi Juara Umum hingga 8 kali berturut-turut. Kemudian Cina berbalik mendominasi dan menjadi juara umum sejak tahun 1982 hingga 2014.

Indonesia sudah satu kali menjadi tuan rumah Asian Games, yaitu tahun 1962. Kemudian tahun 2018 ini, setelah terpilih Indonesia akan kembali menjadi tuan rumah Asian Games yang ke 18.

Logo dan Maskot Asian Games 2018

Logo dan Maskot baru akan selalu dibuat ketika ajang olahraga ini akan diselenggarakan. Setiap negara tuan rumah bertanggungjawab untuk mebuat logo tersebut.

Asian Games 2018 ini memiliki Maskot Kaka. Kaka adalah badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus). Maskot ini akan merepresentasikan sebuah kekuatan. Kaka mengenakan pakaian tradisional khas Palembang dengan corak dan motif bunga.

Kaka akan merepresentasikan jiwa dari “Energy of Asia” yang terbentang pada keberagaman budaya dan bahasa dari seluruh Asia. Saat semua elemen ini bersatu, diharapkan ini akan menjadi kekuatan besar yang diperhitungkan dunia. Kaka juga terdapat pada nilai yang dipegang teguh masyarakat Indonesia. Rumah bagi ratusan etnis dengan begitu banyak bahasa yang berbeda yang bersatu dibawah filosofi Bhineka Tunggal Ika.

Dengan nilai keberagaman dan kesatuan itulah, pada Asian Games 2018 Indonesia menambahkan Maskot lainnya yang akan menjadi tanda keberagaman itu. Dua maskot lainnya adalah Bhin Bhin dan Atung.

rchhats

rchhats

Apakah kamu punya banyak pertanyaan dan belum terjawab? Itu sudah cukup - karena banyak orang tidak beruntung dan mereka hidup tanpa pertanyaan.