Blog

Etnografi Jawa

By August 12, 2016 No Comments
Entnography of Java

Etnografi Jawa (Entnography of Java):

Pulau jawa merupakan salah satu pulau besar di Indonesia dengan luas mencapai 138.793,6 km2 dan berpenduduk kurang lebih 124 juta jiwa. Pulau ini menjadi bagiandari kepulauan Sunda Besar yang dikenal dengan sebutan Jawadwipa atau penghasil padi.

Pulau Jawa memiliki tanah yang subur karena banyak terdapat gunung api dan dialiri oleh banyak sungai. Keadaan ini menyebabkan sebagian besar masyarakatnya khususnya dipedesaan bermatapencarian sebagai petani baik petani sawah, berladang maupun huma.

Masyarakat pesisir di pinggir pantai bermatapencarian sebagai nelayan. Sejarah peradaban tanah Jawa sejak masa prasejarah, mesa kejayaan Hindu-Budha, masa kerajaan Islam, masa kolonial serta adanya kegiatan perdagangan sejak ratusan tahun yang lalu, menyebabkan masyarakat Jawa mengalami gelombang pengaruh kebudayaan asing seperti India, China, Arab serta Eropa. Kebudayaan suku-suku bangsa dipulau Jawa umumnya termasuk dalam masyarakat pedesaan yang berdasarkan bercocok tanam di sawah dengan padi sebagai tanaman pokok. Sistem kemasyarakatannya berupa komunitas petani dengan diferensiasi dan stratifikasi sosial yang agak kompleks. Masyarakat kota yang menjadi arah orientasinya mewujudkan peradaban bekas kerajaan bercampur dengan peradaban kepegawaian yang dibawa sistem pemerintahan kolonial.

Suku-suku bangsa dan sub suku bangsa yang mendiami Pulau Jawa terdiri dari sekitar 18 suku bangsa. Suku bangsa Sunda berada dibagian barat dai pulau ini dan suku bangsa Jaw yang mendiami bagian tengah dan timur. Walaupun kebudayaan Sunda meliputi seluruh daerah Jawa Barat dan kebudayaan Jawa meliputi bagian Tengah dan Timur Pulau Jawa, namun diantaranya terdapat kantong-kantong kebudayaan seperti Baduy, Cirebon, Banyumas, Yogyakarta, Tengger, Madura, dan Osing.

Untuk membantu menambah pengetahuan Anda mengenai sejarah, adat-istiadat, peninggalan, pahlawan, dan lain-lain Anda hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit dengan berjalan kaki dari Citi M Hotel Jakarta atau hanya berjarak kurang dari 500 meter.

Khusus hari ini Anda juga dapat menikmati kegiatan Festival Habibie 2016 di Museum Nasional Indonesia atau Museum Gajah. Dimulai sejak kemarin 1 Agustus 2016 sampai hari ini kegiatan Habibie Festival dikunjungi banyak masyarakat yang antusias dengan terhadap karya Bapak Habibie semasa beliau berkarya untuk Bangsa Indonesia, Asean, dan Dunia.

Karya beliau tidak sebatas pada perubahan yang terjadi di Sulawesi sebagai tempat kelahirannya atau Negara Indonesia sebagai tempat tinggalnya namun perubahan yang disebabkan oleh Ir. BJ Habibie ini sudah sangat mendunia. Kegiatan ini masih akan berlangsung hingga tanggal 14 Agustus 2016, ayo ajak keluarga dan kerabat Anda untuk berlibur sambil menambah pengetahuan mengenai karya-kayra hebat dari Bapak Habibie.

 

rchhats

rchhats

Apakah kamu punya banyak pertanyaan dan belum terjawab? Itu sudah cukup - karena banyak orang tidak beruntung dan mereka hidup tanpa pertanyaan.