Blog

Kenapa Kamu Harus Lebih Mengenal MONAS?

By November 18, 2017 One Comment



Apa yang kamu ketahui tentang Monas? Apakah kamu tau jika Monas menyimpan naskah asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia? Berikut saya akan mengulas jauh lebih dalam dan lengkap soal Tugu Monas dan Wilayah Monas. Monas adalah singkatan dari Monumen Nasional, namun masyarakat Indonesia lebih mengenalnya dengan sebutan Monas. Lokasi tugu Monas adalah di Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Monas - Jakarta

Monas – Jakarta

Sisi timur Monas adalah Stasiun Gambir

Lokasi: Jl. Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat

Pada sisi timur Monas terdapat Stasiun Gambir. Stasiun Gambir melayani transportasi kereta api kelas eksekutif menuju kota-kota besar di Pulau Jawa seperti Surabaya dan Semarang. Perlu diketahui juga bahwa KRL Commuter Line atau KAI Commuter Jabodetabek tidak berhenti dan melayani naik turun penumpang di Stasiun Gambir. Sebagai alternatif untuk KRL Commuter Line, kamu bisa menggunakan stasiun Juanda atau Gondangdia.

Tips buat kamu jika sudah booking hotel di daerah Staiun Gambir: Terdapat bus bandara dari Soekarno Hatta dan Halim Perdana Kusuma yang menuju Stasiun Gambir. Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk tunggu bus bandara, karena Gambir adalah salah satu tujuan utama transportasi bus bandara ini maka waktu tunggu maksimal kira-kira hanya 20-30 menit setelah keberangkatan bus sebelumnya. Cara mendapatkan bus bandara yang menuju Stasiun Gambir adalah:

  1. Temukan lokasi tunggu bus bandara, saya sarankan untuk langsung bertanya kepada petugas bandara.
  2. Beli tiket bus di loket yang disediakan. Tips beli tiket: jika bus ternyata sudah datang dan Anda harus buru-buru, maka silahkan langsung naik saja. Nanti di dalam bus akan ada alternatif pembayaran secara cash. Harganya sama persis dengan pembelian via loket.
  3. Tunggu bus tujuan Gambir, jangan khawatir karena akan ada petugas yang selalu memberitahukan kepada semua penumpang diruang tunggu jika ada bus yang datang.
  4. Naik ke dalam bus. Perlu diketahui: pastikan kamu tidak salah naik bus, karena bus tujuan Gambir ini hanya akan mengambil penungpang di Bandara (menjemput penumpang) dan stasiun Gambir (mengantar penumpang). Mereka akan berhenti di banyak lokasi namun mereka hanya menurunkan penumpang dan tidak akan menambah penumpang ditengah jalan.
  5. Nikmati perjalanan Anda. Waktu normal yang ditempuh oleh bus bandara menuju stasiun Gambir kurang lebih 60-90 menit. Namun akan lebih lama jika jalan di Jakata sedang macet. Jalur dari bandar ke Gambir cenderung mengalamai macet pada pukul 07:00 sampai 10:00 dan 15:00 sampai 19:00. Itu adalah jam berangkat kerja dan pulang kerja warga di Jakarta. Jangan khawatir jika kamu tidak diturunkan di Gambir, karena ini adalah staisun tujuan akhir. Silahkan tidur nyenyak dan biarkan petugas bus akan membangunkan kamu ketika sampai di stasiun Gambir.
  6. Sampai di stasiun Gambir. Tips jika sudah tiba di stasiun Gambir: saya sarankan untuk terlebih dahulu menanyakan kepada hotel apakah mereka menyediakan layanan antar jemput (shuttle), lebih baik lagi jika shuttle tersebut bebas biaya. Hanya sedikit hotel disekitar stasiun Gambir yang memiliki fasilitas antar jemput gratis atau free shuttle, salah satunya adalah Citi M Hotel Jakarta. Namun apabila kamu ingin menggunakan alternatif lain juga bisa misalnya menggunakan jasa transportasi seperti Gojek, Grab, Uber atau taxi. Perlu diingat jika Anda tidak menemukan transportasi yang kami sarankan dan harus menggunakan ojek tradisional, maka Anda harus menawar harga sekitar Rp.20.000 untuk tujuan dengan jarak 2km (atau Rp.10.000 jika jaraknya adalah 1km).

Harga untuk naik bus bandara adalah Rp.40.000 (ini adalah harga terbaru pada November 2017). Jika ada kenaikan saya kira harganya tidak akan jauh dari harga tersebut. Silahkan terlebih dahulu untuk menanyakan harga tiket di loket bus bandara.

Sisi Utara Monas adalah Istana Merdeka / Istana Presiden Republik Indonesia

Lokasi: Jl. Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat


Istana Merdeka merupakan tempat resmi kediaman serta kantor Presiden Republik Indonesia. Istana Merdeka selalu terbuka selama 24jam, lengkap dengan penjagaan yang ketat. Apakah kita bisa masuk ke Istana Merdeka? sebagai kediaman dan kantor Presiden, Instana Merdeka tentu tertutup untuk masyarakat jika tanpa kepentingan. Namun Istana Presiden juga sering mengundang masyarakat untuk masuk ke Istana tentu karena suatu kepentingan.

Wilayah Monas dikelilingi oleh trotoar yang sangat besar (kurang lebih lebarnya adalah 3 meter) sebagai fasilitas pejalan kaki. Maka jangan khawatir dan nikmati perjalanan kamu di wilayah Istana Merdeka. Informasi juga untuk menggunakan payung jika kamu tidak tahan dengan panas terik matahari.

Buat kamu yang ingin mencari hotel atau penginapan dekat dengan Monas dan Istana Merdeka, berikut adalah daftarnya:

1. Citi M Hotel Jakarta
2. N Hotel
3. Yello Hotel Harmoni

Tiga hotel diatas adalah yang paling saya rekomendasikan untuk kamu jika ingin menginap di hotel dan dekat dengan Monas dan Istana Presiden. Hotel paling dekat dengan Istana Merdeka dan Monas adalah Citi M Hotel, namun Yello Hotel Harmoni punya lokasi yang cukup bagus dan dekat dengan pusat perbelanjaan seperti Gajah Mada Plaza dan Grand Paragon Mall. Untuk memilih hotel terbaik silahkan sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Sisi Barat Monas adalah Museum Nasional Indonesia / Museum Gajah

Lokasi: Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat


Museum Nasional memiliki koleksi paling lengkap terhadap benda-benda kuno dari seluruh wilayah Indonesia. Museum Nasional sangat saya rekomendasikan sebagai wisata edukasi bersama keluarga dan anak-anak Anda. Gedung museum ini sangat besar dan memiliki beberapa lantai. Arsitektur bangunannya juga megah.

Saat ini Museum Nasional sedang melakuka renovasi namun tetap menerima kunjungan wisata. Dalam beberapa bulan kedepan Anda akan melihat transformasi gedung museum yang jauh lebih besar. Hal ini tentu sejalan dengan program pemerintahan Jokowi yang mengharapkan perbaikan skala nasional dalam hal pariwisata. Lombok dan berbagai wilayah di Indonesia juga sedang mengalami perubahan besar dan investasi yang besar juga tentunya. Bahkan pemerintah juga mencanangkan untuk memperbaiki seluruh bandara di seluruh wilayah Indonesia untuk memperbaiki fasilitas dan pelayanan tentunya. Dengan demikian program pariwisata pemerintahan Jokowi akan berjalan baik pada akhirnya.

Museum Nasional hanya berjarak kurang dari 2km dari Stasiun Gambir dan Istana Merdeka. Artinya kamu bisa jalan-jalan sekaligus dan mengelilingi semua lokasi tersebut. Tepat di depan Museum Nasional terdapat Halte Busway Monas. Halte ini sangat berguna untuk masyarakat Jakarta dalam melakukan aktifitas sehari-hari menuju berbagai lokasi di Jakarta. Namun kamu juga bisa menggunakan busway ini, cukup membeli kartu busway yang tersedia diloket halte busway dan sudah bisa digunakan untuk keliling Jakarta. Harga satu buah kartu busway adaah Rp.20.000. Sedangkan tarif busway adalah Rp.3.500. Selama Anda tidak keluar dari halte busway, maka Anda bisa jalan-jalan keliling Jakarta dan kembali ke Halte Busway Monas hanya dengan Rp.3.500 saja. Tentu ini adalah salah satu program pemerintah Jakarta yang sangat baik untuk turis lokal dan mancanegara.

Perlu diketahui juga bahwa di sisi barat Monas ini juga terdapat stasiun pemberhentian Bus Pariwisata Jakarta. Bus Pariwisata Jakarta adalah sebuah bus yang akan mengantarkan kamu keliling lokasi-lokasi penting (lokasi pariwisata) di Jakarta dan bebas biaya. Bus Pariwisata Jakarta gratis untuk semua orang. Kamu hanya cukup antri dan mendapatkan tiketnya, kemudian kamu bisa keliling Jakarta gratis.

Untuk menemukan Bus Pariwisata Jakarta ini cukup menunggu di depan Museum Nasional. Jika Anda ragu silahkan bertanya kepada petugas atau security yang sedang berjaga di pintu Museum Nasional.

Berikutnya adalah hotel atau penginapan yang paling dekat dengan Museum Nasional dan Monas adalah:
1. Ibis Budget Tanah Abang
2. Citi M Hotel Jakarta
3. Fave Hotel Cideng

Sisi Selatan Monas adalah Balai Kota DKI Jakarta

Lokasi: Jl. Medan Merdeka Selatab, Jakarta Pusat

Pada era pemerintahan Jokowi saat menjadi Gubernur di Jakarta, Balai Kota DKI Jakarta resmi dibuka untuk umum. Alasannya adalah agar masyarakat dapat mengadukan masalah mereka secara langsung kepada Jokowi. Jokowi tentu ingin mendengar langsung apa yang dikeluhkan masyarakat Jakarta. Sampai hari ini (18 November 2017) Balai Kota DKI Jakarta masih terbuka untuk umum. Jadi buat kamu yang mau melihat lokasi dan bagaimana pemerintah Kota DKI Jakarta ini bekerja silahkan berkunjung langsung kesini.



Karena masih satu lokasi dengan Monas, jarak dari Museum Nasional untuk ke Balai Kota tidaklah jauh. Kamu hanya cukup berjalan kurang lebih 10 menit. Namun kamu juga bisa menggunakan transportasi busway apabila tidak tahan dengan panas terik matahari. Silahkan gunakan Halte Busway Monas dengan tujuan Pulogadung / Senen kemudian turun di Halte Busway Balai Kota. Anda akan turun tepat di depan Balai Kota dan hanya cukup menyebrang Jl. Medan Merdeka Selatan untuk sampai di Kantor Balai Kota DKI Jakarta.

Empat sisi dari Monas sudah saya ulas dengan lengkap dan mendalam. Semua tips dan trik bagaimana masuk dan transportasi yang didukung juga sudah saya informasikan diatas. Namun sampai pada paragraf ini saya belum membahas sedikitpun tetang apa yang ada di dalam Monas dan apa yang akan kamu dapatkan jika jalan-jalan ke Monas.

Sebelum masuk ke penjelasan lebih lengkap tentang apa yang bisa kamu dapatkan di Monas, berikut ini adalah fakta-fakta tentang Monas yang harus kamu ketahui:

  1. Monas memiliki tinggi 132 (433 kaki). Hal ini membuat Monas menjadi salah satu bangunan pencakar langit di Jakarta.
  2. Monas dibangun untuk mengenang perlawanan dan perjuanagan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari penjajah.
  3. Pembangunan Tugu Monas bertepatan dengan ulang tahun Republik Indonesia yang ke 15 tahun yaitu 17 Agustus 1961.
  4. Monas akan ditutup setiap hari senin.
  5. Monas dibuka untuk masyarakat dari pukul 07:00 sampai 22:00 (paling lambat 00:00). Fakta: uniknya Monas akan cenderung ramai pada pukup 18:00 sampai 21:00. Hal ini karena turis ingin melihat Jakarta dari ketinggi 433 kaki pada malam hari.
  6. Kamu akan melihat relief disetiap sudut tugu Monas. Hal ini untuk mengabadikan kejayaan Nusantara pada masa lampau.
  7. Terdapat Museum Sejarah Nasional tepat dibawah tugu Monas. Museum ini sangat besar dan dapat menampung pengunjung hingga 500 orang. Lokasinya dibawah tanah dan akan kamu temui setelah masuk dari gerbang utama masuk Tugu Monas (Gerbang berbeda antara Tugu Monas dan Wilayah Monas).
  8. Terdapat Ruang Kemerdekaan di dalam cawang Monas. Ruang ini juga menyimpan Naskah Asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
  9. Luas wilayah Monas adalah 80 hektar.
  10. Luas Tugu Monas adalah 80 x 80 meter dan mengerucut sampai pada ketinggian 132 meter.

Monas benar-benar luar biasa tentunya. Pembangunan tugu Monas tentu membutuhkan biaya yang sangat besar. Bahkan pada masa itu pembangunan ini sempat mengalami banyak penolakan karena biaya tersebut. Namun dengan berbagai pertimbangan yang matang pada akhirnya pembangunan tersebut tetap dilanjutkan dan selesai pada akhirnya.

Sesuai fakta diatas wilayah Monas kurang lebih 80 hektar. Sangat luas tentunya untuk sebuah lokasi wisata di pusat kota Jakarta. Anda tidak perlu khawatir dengan keramaian warga Jakarta yang berkunjung karena Monas sudah memiliki prosedur yang baik untuk hal ini. Soal kebersihan dan keamanan juga sudah sangat baik di Monas. pemerintah Jakarta sangat fokus akan hal ini dan mereka benar-benar melakukan hal-hal luar biasa untuk membuat Monas memiliki fasilitas bertaraf internasional.

Apa yang akan kamu dapatkan di Monas?

Apa yang akan kamu dapatkan di Monas?

Apa yang kamu dapatkan di dalam Monas?



  1. Taman hijau yang sangat luas (cocok untuk bermain bersama keluarga dan anak-anak)
  2. Jalur khusus untuk lari
  3. Lokasi khusus untuk bermain sepak bola
  4. Lokasi khusus untuk bermain basket
  5. Lokasi khusus untuk bermain badminton
  6. Pemandangan dari pohon-pohon besar
  7. Pemandangan dan atraksi kolam air
  8. Museum di bawah tanah
  9. Pemandangan Kota Jakarta dari puncak Monas
  10. Sebuah pasar untuk beli oleh-oleh khas Jakarta

Dengan berbagai keuntungan itu kira-kira berapa biaya yang kamu butuhkan untuk masuk dan menikmati semua hal yang ada di Monas tersebut?

  • Untuk masuk wilayah Monas = bebas biaya
  • Untuk masuk Museum Sejarah Nasional – Monas = Rp.5.000
  • Untuk naik ke puncak Monas (sudah plus Museum Sejarah Nasional) = Rp.15.000

Artinya jika kamu hanya ingin masuk ke wilayah Monas dan menggunakannya untuk berolahraga atau bermain bersama keluarga maka tidak ada biaya yang harus kamu keluarkan atau gratis. Namun jika Anda penasaran dengan Museum Sejarah Nasional yang berlokasi dibawah Tugu Monas kamu cukup mengeluarkan biaya Rp.5.000. Berikutnya jika kamu ingin naik ke puncak Monas, maka silahkan mengeluarkan biaya yang lebih besar lagi atau sekitar Rp.15.000. Untuk fasilitas yang sangat lengkap ini, masih harga yang sangat terjangkau menurut saya.

Pada akhirnya saya ucapkan selamat menikmati liburan bersama keluarga. Saya akan kembali memberikan informasi menarik lainnya khusus buat kamu yang ingin jalan-jalan di Jakarta. Selamat bersenang-senang dan sampai jumpa di Jakarta.

rchhats

rchhats

Apakah kamu punya banyak pertanyaan dan belum terjawab? Itu sudah cukup - karena banyak orang tidak beruntung dan mereka hidup tanpa pertanyaan.