Blog

Megahnya Masjid Istiqlal Jakarta Sebagai Masjid Terbesar di Asia Tenggara

By April 18, 2018 No Comments
masjid istiqlal

masjid istiqlal

Sejak berdiri tanggal 22 Februari 1978, Masjid Istiqlal yang kini telah berusia 40 tahun masih tampak jelas kemegahan dan kekokohannya.Dengan luas keseluruhan mencapai 9 hektar dan luas bangunan yang hampir 4 hektar, maka sangat pas jika masjid ini dijuluki sebagai Masjid Terbesar di Asia Tenggara. Bahkan, bangunan masjid ini bisa menampung hingga 200.000 jemaah.

Masjid Nasional Negara Republik Indonesia ini dibangun sebagai ungkapan rasa syukur bangsa Indonesia dimana mayoritas penduduknya adalah kaum muslim atas anugerah yang diberikan oleh Allah SWT.berupa kemerdekaan setelah mengalami penjajahan selama 350 tahun.Hal inilah yang membuat nama masjid menjadi “Istiqlal” yang dalam bahasa Arab artinya Merdeka.

Bukan hanya sebagai tempat ibadah kaum muslim, Masjid Istiqlal juga telah menjadi tujuan wisata yang terkenal di Jakarta.Wisatawan yang datang tidak hanya umat muslim domestik dan mancanegara saja, tetapi wisatawan non-muslim pun boleh berkunjung ke masjid ini. Tentunya mereka akan mendapatkan pembekalan informasi tentang Islam dan Masjid Istiqlal terlebih dahulu. Selain itu, ada beberapa peraturan mengenaiberpakaian serta bagian-bagian masjid yang tidak boleh dikunjungi oleh kaum non-muslim dan harus didampingi oleh pemandu.

Masjid ini juga menjadi kantor dari berbagai organisasi Islam di Indonesia, sebagai tempat pendidikan madrasah dankegiatan sosialmaupun kegiatan-kegiatan umum lainnya yang bersifat keagamaan.

Bagian Bangunan Masjid Istiqlal

Masjid ini memiliki 7 pintu gerbang masuk yang diberi nama berdasarkan Asmaul Husna, yaitu :

  • AL Fattah ( Gerbang Pembuka )
  • Al Quddus ( Gerbang Kesucian )
  • As Salam ( Gerbang Kedamaian )
  • Al Malik ( Gerbang Raja )
  • Al Ghaffar ( Gerbang Ampunan )
  • Ar Rozzaq ( Gerbang Rezeki )
  • Ar Rahman ( Gerbang Pengasih )

Bagian gedung masjid terdiri dari Gedung Utama, Gedung Pendahuluan, Teras Raksasa, Menara dan Lantai Dasar.

  • Gedung Utama

Gedung utama terdiri dari lantai utama yang mempunyai ruang shalat utama berkapasitas 61.000 orang jamaah. Dan di gedung ini terdapat Kubah Besar ditopang oleh 12 pilar yang merupakan simbol dari angka kelahiran Nabi Muhammad SAW yaitu 12 Rabiul Awal.Kubah ini juga memiliki diameter sepanjang 45 meter sebagai simbol tahun kemerdekaan Republik Indonesia.

  • Gedung Pendahuluan

Terletak di belakang Gedung Utama. Selain sebagai penghubung agar jamaah bisa menuju ke Gedung Utama secara langsung, gedung ini juga berfungsi sebagai perluasan ruang shalat saat gedung utama penuh dan dapat menampung jamaah sebanyak 8.000 orang.

  • Teras Raksasa

Teras ini berfungsi sebagai tempat shalat jika Gedung Utama dan Gedung Pendahuluan sudah dipenuhi oleh jamaah khususnya saat Idul Fitri dan Idul Adha. Teras seluas 29.800 meter persegi ini mampu menampung hingga 50.000 orang. Selain sebagai tempat shalat teras ini juga sering dijadikan tempat untuk acara keagamaan.

  • Menara

Pada awalnya menara ini berfungsi sebagai tempat Muadzin mengumandangkan adzan. Tetapi sekarang dijadikan sebagai tempat pengeras suara agar suara adzan bisa terdengar lebih jauh.

Tinggi menara sepanjang 6.666 cm menyimbolkan jumlah ayat-ayat yang terkandung dalam Al-Quran. Sedangkan, bagian atas menara yang meruncing ke atas memiliki tinggi 30 meter yang menandakan jumlah juz dalam Al-Quran yaitu 30 juz.

Dan di sudut bagian tenggara bawah menara terdapat sebuah BedugRaksasa dengan panjang 3 meter dan berat 2.3 ton.Selain sebagai pertanda masuknya waktu shalat,bedug ini juga menjadi hiasan dan salah satu warisan budaya Indonesia yang dilestarikan.

  • Lantai Dasar

Lantai dasar terletak dibawah lantai ruang shalat utama pada Gedung Utama.Di lantai dasar inilah terdapat tempat wudhu, toilet, kamar mandi,kantor Masjid Istiqlal, dan kantor dari berbagai organisasi Islam di Indonesia.

 

Jadwal Buka dan Tutup Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal dibuka setiap hari dan selama bulan Ramadhan masjid ini akan dibuka selama 24 jam. Sedangkan untuk hari-hari biasa seperti sekarang ini, masjid akan buka satu jam sebelum waktu Shubuh atau sekitar pukul 04.00 pagi dan tutup pukul 21.30 malam.

Waktu yang Tepat Untuk Berkunjung

Setiap hari adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke tempat ibadah ini apalagi jika kamu Muslim tentunya adalah saat akan dilaksanakannya solat 5 waktu agar bukan hanya sekedar berwisata tapi kamu juga bisa langsung melaksanakan ibadah di masjid ini. Selain itu, kamu juga bisa datang saat ada kegiatan-kegiatan keagamaan atau ikut melaksanakan sholat Idul Fitri maupun Idul Adha bersama dengan kaum muslim lainnya yang berasal dari berbagai lapisan masyarakat.

 

Lokasi Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal terletak di Pusat kota Jakarta. Tepatnya di Jl. Taman Wijaya Kusuma, Ps. Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10710.

Berikut map nya agar lebih jelas ya :

https://goo.gl/maps/Cy5fhhNRWEP2 .

Dulunya lokasi ini adalah Taman Wilhelmina, bekas benteng Belanda yaitu Benteng Prins Frederick.

Menariknya Presiden Soekarno menginginkan pembangunan masjid di lokasi tersebut karena di seberangnya berdiri Gereja Kathedral yang bertujuan untuk menunjukkan semangat kerukunan dan tolerasi antar umat beragama di Indonesia sesuai dengan Pancasila.

 

Fasilitas di Masjid Istiqlal

  1. Rak Al Quran

Pada lantai pertama masjid terdapat 12 tiang dengan rak yang berbentuk setengah lingkaran. Rak terdiri dari 2 tingkat dan di setiap rak dapat menampung 100-150 buah Al-Quran sehingga para jamaah bisa membaca Al-Quran sambil menunggu waktu sholat masuk.

  1. Sarana Olahraga

Terdapat fasilitas sarana olahraga seluas 420 meter persegi yang dibangun di bagian timur masjid. Fasilitas yang disediakan adalah lapangan futsal, badminton, basket dan juga volley.

  1. Fasilitas AC

Fasilitas pendingin udara ini diharapkan dapat menambah kenyamanan para jamaah beribadah. Selain AC, juga terdapat beberapa kipas angin berukuran besar.

  1. Fasilitas Tempat Wudhu, Toilet dan Kamar Mandi

Tempat wudhu berada di bagian selatan, utara dan timur lantai dasar masjid. Masing-masing bagian memiliki 100 unit dengan 6 kran air, sehingga 600 orangdapat berwudhu bersamaan di tempat ini.

Toilet berada di sebelah barat, timur dan selatan lantai dasar. Dan sengaja dibangun terpisah, agar tempat yang suci tidak berdekatan dengan tempat yang kotor.

Selain itu, terdapat total 52 kamar mandi dan wc, yang terbagi di 3 bagian yaitu : 12 buah dibawah emper barat, 12 buah dibawah emper selatan, dan 28 dibawah emper timur.

  1. Lift Untuk Penyandang Difabel dan Lansia

Fasilitas lift berkapasitas 6 orang ini merupakan bantuan dari Pemerintah DKI Jakarta. Lift terdapat di pintu Ar-Rahman yang terletak di bagian selatan masjid.

  1. Perpustakaan Islam Istiqlal

Berfungsi sebagai pusat keilmuan Islam, disini kamu bisa memperoleh ilmu dari berbagai koleksi buku tentang agama Islam.

  1. Piliklinik Umum

Kamu akan mendapatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan konsultasi gratis disini jika memiliki kartu berobat atau kartu identitas bagi yang belum memiliki kartu berobat. Dan obat yang utama diberikan adalah obat-obatan generik.

Jadwal buka poliklinik adalah Senin – Jumat pukul 08.00 – 16.00, dan tutup pada hari Sabtu-Minggu kecuali sedang ada acara penting di Masjid Istiqlal.

  1. Madrasah

Ada tiga jenjang pendidikan formal di Masjid Istiqlal, yaitu :

  • Kelompok bermain dan Raudhatul Athfal
  • Madrasah Ibtidaiyah( MI )
  • Madrasah Tsanawiyah ( MTs)

 

 Transportasi Menuju Masjid Istiqlal

  • Dari Bandara Soekarno Hatta kamu bisa naik Bis Damri jurusan Stasiun Gambir ( harga karcis sebesar IDR 40.000 ). Lalu dari Stasiun Gambir pelataran timur kamu cukup berjalan kaki kurang lebih 10 menit menuju Masjid Istiqlal.
  • Dari Stasiun Gambir kamu juga bisa menggunakan transportasi daring seperti Gojek dan Grab dengan estimasi biaya sekitar IDR 8.000. Atau menggunakan taxi dengan biaya max. IDR 20.000.
  • Dari Tanah Abang kamu bisa menggunakan KRL dengan berjalan menuju Stasiun Karet tujuan Bogor-Jatinegara berhenti di Stasiun Tebet dan melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Juanda dengan Kereta Bogor-Jakarta Kota. Setelah sampai di Stasiun Juanda kamu bisa langsung berjalan kaki sekitar 6 menit ke Masjid Istiqlal.Kamu juga bisa menggunakan taxi ataupun transportasi online dengan estimasi biaya sekitar 20rb-an.

 

Kuliner di Sekitar Masjid Istiqlal

Kami akan merekomendasikan beberapa tempat kuliner enak yang berada di sekitar Masjid Istiqlal, yuk dilihat mungkin ada beberapa tempat yang belum kamu datangi.

  1. Ragusa Italian Ice Cream

Lezatnya es krim Italia yang disajikan di restoran ini sudah sangat populer bagi warga Jakarta. Restoran ini terletak di belakang Masjid Istiqlal tepatnya di Jl. Veteran I no. 10, Gambir, Jakarta Pusat.Kalau mau datang kesini sebaiknya datang di hari biasa karena kalau hari libur maka kamu harus siap-siap mengantri kursi. Harga es krim nya pun tergolong murah,berkisar antara 15rb -35rb.Biasanya restoran ini buka dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam.

  1. Area Khusus Pedagang di sisi Timur Masjid

Nah kalau kamu sudah sangat kelaparan, kamu bisa jajan dulu di area khusus pedagang yang ada di pekarang masjid ini. Disini kamu akan bertemu dengan banyak gerobak penjual makanan, sepertisiomay, sate Padang, pempek, rujak buah, kerak telor, dan masih banyak lagi makanan khas Indonesia yang bisa kamu temui disini, mulai dari makanan ringan sampai yang mengenyangkan.

Tips Bagi Pengunjung Luar Jakarta

Bagi yang datang dari luar Jakarta, kami akan memberikan tips agar bukan hanya Masjid Istiqlal yang bisa kamu kunjungi tapi juga tempat-tempat menarik lainnya di Jakarta.

1.Carilah hotel yang letaknya strategis dan tidak jauh dari Masjid Istiqlal.

Dengan jarak yang dekat sekitar 2-3 km, kamu bisa berkendara selama 10 menit atau naik transportasi online yang pastinya tarifnya juga lebih murah kalau jaraknya dekat.

2.Memiliki layanan FreeShuttle ke beberapa tempat wisata lainnya

Kalau sudah di Jakarta, kamu juga harus mengunjungi tempat-tempat wisata lainnya dong. Dengan layanan FreeShuttle yang diberikan oleh pihak hotel, kamu jadi bisa menghemat anggaran transportasi dan mengalihkannya untuk biaya-biaya lain.kk

3.Memiliki restoran hotel 24 jam

Dengan layanan ini kamu jadi tidak perlu merasa khawatir jika kelaparan di tengah malam dan kapanpun merasa lapar, kamu tinggal memesan makan di restoran tersebut.

4.Menyediakan layanan Reflexologi Massage

Layanan ini bisa merelaksasi tubuhmu saat merasa lelah. Dengan pijatan-pijatan refleksi pada kaki dan tangan akan membuat tubuh kamu segar kembali. Tentunya dengan harga yang telah ditetapkan oleh pihak hotel.

Oh ya jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan kelestarian masjid ini ya, karena Masjid Istiqlal bukan hanya kebanggan warga Jakarta tapi juga seluruh Masyarakat Indonesia. Dan walaupun menjadi tujuan wisata, tempat ini tetaplah tempat beribadah jadi jangan sampai kunjunganmu kesini dapat mengganggu orang lain yang sedang beribadah. Tetap saling menghargai dan menghormati ya.

Let’sMakeYour Holiday More Fun in Jakarta

 

Regista Arrizky

Regista Arrizky

Satu hal yang membuat saya terus berjalan adalah keluarga. Keluarga adalah anugerah dan motivasi paling besar dalam hidup saya. Semua hal akan saya berikan untuk mereka.