Banyak yang ngga tau kalau ternyata Indonesia juga punya Eiffel looh. Salah satunya yang ada di Gorontalo. Menara keagungan Limboto namanya. Yaaa walaupun tidak seindah eiffel tower di paris, namun menara ini menjadi salah satu pilihan tempat wisata yang wajib anda kunjungi ketika anda berkunjung ke Gorontalo karena pemandangan Kota Gorontalo yang akan anda dapatkan saat anda berada di puncak ketinggiannya.

Menara keagungan Limboto yang terletak ditengah kabupaten Limboto ini dibangun pada tahun 2002 oleh masa pemerintahan bupati Gorontalo Ahmad Pakaya. Menara yang terdiri dari 5 lantai dengan tinggi 65 m serta lebar 21 m ini di bangun di atas jalan raya antara bandara dan Kota Gorontalo.

Letaknya yang strategis di apit oleh tempat besar lainnya yaitu Masjid Agung Baiturahman, perpustakaan daerah Gorontalo, rumah adat Gorontalo dan taman Kota Limboto menjadikan tempat ini selalu ramai dikunjungi.

Dibawah menara, anda akan melihat padatnya kendaraan yang berlalu lalang karena posisinya yang berada tepat diatas perempatan jalan. Salah satu jalan dibuat seperti gapura menuju menara yang terdiri dari tanaman merambat yang diatur menjadi lekungan setengah lingkaran. Pada sore hari, Di bawah lekungan tersebut terdapat banyak pedagang makanan. Sisi lain jalan dijadikan sebagai tempat pangkalan bentor oleh karenanya tempat ini selalu ramai dengan bentor.

Untuk masuk ke dalam menara, pengunjung dikenakan tarif masuk sebesar Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Untuk menuju ke lantai atas, pengunjung harus melewati ratusan anak tangga pasalnya lift yang disediakan hanya sampai pada lantai 3 saja. Pada lantai kelima itulah anda dapat melihat indahnya Kota Gorontalo dari ketinggian.

Akses menuju menara keagungan Limboto ini tidak susah kok. Dari bandara, anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000 untuk sampai di menara dengan menaiki bentor (Becak Motor).

Lumayaan kan anda juga mendapatkan pengalaman menaiki salah satu kendaraan khas Gorontalo ini.

Setelah anda puas melihat pemandangan Kota Gorontalo Dari ketinggian, anda dapat langsung menuju tempat wisata rumah adat Gorontalo. Dari arah bandara, letak rumah adat Gorontalo tepat di sebelah kanan menara keagungan Limboto. Anda hanya perlu berjalan kaki untuk menuju kesana karena jaraknya yang cukup dekat yaitu sekitar 50 m.

Jika anda ingin menikmati indahnya pemandangan Kota Gorontalo dari ketinggian, sangat disarankan untuk menuju menara keagungan Limboto karena hanya ditempat ini anda akan mendapatkan indahnya Kota Gorontalo secara keseluruhan. Selamat menikmati… 🙂

rchhats

rchhats

Apakah kamu punya banyak pertanyaan dan belum terjawab? Itu sudah cukup - karena banyak orang tidak beruntung dan mereka hidup tanpa pertanyaan.