Jakarta selalu menawarkan beragam agenda meriah untuk merayakan momen pergantian tahun, termasuk dalam menyambut tahun baru. Dari berbagai acara yang tersebar di sejumlah lokasi, berikut adalah daftar acara tahun baru di Jakarta yang menawarkan keseruan dan kemeriahannya tersendiri.

1. Jakarta Night Festival di Bundaran HI

Bundaran HI atau Hotel Indonesia yang berlokasi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, selalu menjadi langganan kemeriahan momen pergantian tahun. Di penghujung tahun 2018, kawasan ini juga dijadikan salah satu tujuan utama bagi wisatawan dan warga ibu kota yang ingin menyambut awal tahun 2019. Ratusan orang akan menyemut di lokasi bundaran untuk turut memeriahkan acara tahunan yang bertajuk Jakarta Night Festival.

Berbarengan dengan momen car free night, Jakarta Night Festival memadukan berbagai jenis hiburan yang bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Acara tersebut meliputi konser musik di beberapa panggung hiburan serta pesta kembang api yang dilakukan tepat saat tahun berganti.

2. Pagelaran Wayang Kulit di TMII

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan satu dari sejumlah objek wisata populer di Jakarta yang selalu ramai dikunjungi pengunjung sepanjang tahun. Saat momen pergantian tahun, kawasan wisata ini juga mengadakan acara yang tidak kalah meriah dari lokasi-lokasi lain di ibu kota.

Salah satu acara yang akan diselenggarakan adalah Pagelaran Wayang Kulit “Malam Tahun Baru” 2019. Pagelaran ini akan berlangsung di Panggung Candi Bentar, mulai dari pukul 20.00. Ada pula berbagai pertunjukan seni tradisional lain yang digelar pada beberapa hari terakhir di tahun 2018. Pagelaran tersebut meliputi Kesenian Musik Gambang Kromong, Pertunjukan Tari Tradisional Betawi, dan Pertunjukan Lagu Tarling Pantura.

3. Festival Budaya Tradisional Betawi di Setu Babakan

Selain di TMII, acara tahun baru yang mengusung tema budaya juga bisa Anda saksikan di Setu Babakan. Acara pergantian tahun di objek wisata ini secara khusus menampilkan berbagai pertunjukan kesenian serta budaya miliki suku Betawi, suku asli yang mendiami kawasan tinggal di sekitar Setu Babakan.

Kesenian khas suku Betawi yang ditampilkan sangat beragam, mulai dari seni musik seperti keroncong, sambra, dan gambang kromong hingga seni pertunjukan tari topeng dan lenong. Tak ketinggalan, ondel-ondel yang menjadi ciri khas lain dari suku Betawi juga akan turut memeriahkan acara pergantian tahun ini. Anda pun bisa mencicipi berbagai jajanan pasar dan kuliner khas Betawi yang dijajakan di sekitar kawasan wisata.

4. Pesta Kembang Api dan Festival Sukun di Kepulauan Seribu

Tidak hanya di pusat kota, momen pergantian tahun juga bisa Anda rayakan di kawasan Kepulauan Seribu. Perayaan tahun baru di objek wisata ini akan berlangsung di beberapa pulau. Anda bisa berkumpul bersama orang-orang terdekat sambil menikmati keindahan resor dan pulau-pulau wisata, lalu menyaksikan pertunjukan kembang api yang meriah tepat di penghujung tahun.

Selain itu, ada pula Festival Sukun yang rencananya akan dilangsungkan di Pulau Pramuka. Festival ini akan dimeriahkan hiburan musik sekaligus bazaar atau pasar malam yang menawarkan kue serta olahan dari buah sukun.

5. Lomba Bakar Ikan di Danau Sunter

Sedikit berbeda dari sejumlah perayaan lain yang melibatkan pertunjukan hiburan dan kembang api, masyarakat di Jakarta Utara menghabiskan hari terakhir di tahun 2018 dengan agenda lomba bakar ikan. Agenda yang diselenggarakan di kawasan Danau Sunter ini sesuai dengan ciri khas dari wilayah Jakarta Utara yang berhubungan erat dengan nelayan dan kelautan.

Rencananya, lomba bakar ikan di Danau Sunter akan berlangsung pada tanggal 31 Desember, mulai dari sore hari hingga tengah malam. Meski lomba hanya bisa diikuti oleh masyarakat setempat, Anda bisa turut menjadi bagian dalam keseruan acara ini sambil menonton atau memberi dukungan kepada kontestan lomba yang bersaing.

Itulah daftar acara tahun baru di Jakarta yang bisa Anda pilih untuk merayakan momen pergantian tahun bersama sahabat, keluarga, atau orang-orang tercinta. Jika Anda berencana untuk menghabiskan momen pergantian tahun di ibu kota, City M Hotel bisa menjadi pilihan akomodasi utama. Letaknya yang strategis dan dekat dengan sejumlah lokasi perayaan tahun baru membuat hotel di Jakarta Pusat ini cocok menjadi pilihan akomodasi Anda.

Leave a Reply