Cari destinasi berlibur baru? ke arah selatan Bandung, sekitar 33km dari pusat kota bisa menjadi pilihan sebagai destinasi wisata berikutnya. Suasananya sejuk dengan suhu rata-rata 23-25 derajat Celcius.
 
Ciwidey adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pesona alamnya menakjubkan, bahkan bisa dikatakan “Surga Yang Tersembunyi”. Tidak banyak orang mengetahui Surga Tersembunyi ini. Buatlah pengalaman baru di tempat yang baru. Buat keluarga, teman, dan orang lain nge-likes postingan kamu di Instagram dan facebook.
 
Daerah ini memiliki tempat wisata yang lengkap, mulai dari kawah, danau, pemandian air panas, hamparan kebuh teh, dan lainnya. Pesona alam yang menakjubkan akan memanjakan mata kamu dan sejenak melupakan stres serta penat setelah berbulan-bulan kerja tanpa liburan.
 
Salah satu tempat yang paling populer di telinga kita mungkin hanya Kawah Putih Ciwidey. Betul sekali, Kawah ini adalah salah satu tempat favorit wisatawan dari wilayah Bandung dan Jawa Barat. Namun umumnya mereka justru melupakan sajian pesona alam lainnya yang tidak kalah. Cari tempat yang khas dengan alam hingga yang instagrammable tidak susah ditemukan di Ciwidey. Berikut ini beberara pesona wisata Ciwidey yang bisa kamu kunjungi selain Kawah Putih Bandung.

Situ Patenggang

Situ Patenggang adalah lokasi dari Glamping Lakeside Rancabali (Glamping adalah Glamour Camping) dengan pinisi restorannya yang ikonik. Letaknya di Desa Patengan, Kabupaten Bandung. Jadi, jika kamu berkunjung ke Glamping Lakeside Rancabali, bisa sekalian keliling di Situ Patenggang.
Lokasi ini sangat cantik dan sejut. Sejatinya Situ Patenggang adalah sebuah danau yang terletak di ketinggian 1600mdpl dan dikelilingi hamparan kebun teh, akan menjadi spot fotografi yang menakjubkan. Kamu akan merasakan keindahan yang autentik dari alam Ciwidey Bandung. Danau yang luasnya hingga 45000 hektare ini berada di dalam cagar alam seluas 123000 kektare.
 
Peponohan dengan mudah kamu temukan dipinggiran danau. Suara primata langka Javan surii (Presbytiscomata) pun bisa sering kamu dengarkan.
 
Akan banyak perahu-perahu berjajar di pinggir danau. Perahu tersebut disediakan masyarakat untuk mengantarkan kamu mengarungi danau dan menikmati keindahan alam. Perahu itu akan mengantarkan kamu menuju Pulau Asmara dan Batu Cinta. Berdasarkan cerita yang melegenda di daerah ini, batu besar dan tinggi yang terdapat di wilayah ini adalah saksi bisu besarnya cinta Ki Santang dan Dewi Rengganis.
 
Banyak pasangan muda dan matang memanfaatkan momen di Danau Situ Patenggang untuk mengucapkan janji setia dihadapan batu Cinta. Selain perahu penumpang, tersedia juga perahu angsa dan sepeda air yang bisa di kayuh sendiri. Ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menghabiskan momen berdua atau sendiri di tengah danau.

Perkebunan Teh Rancabali

 
Di lokasi Perkebunan Teh Rancabali, kamu akan disajikan pemandangan mempesona sebuah hamparan tumbuhan teh laksana permadani hijau nan segar yang tersusun rapi yang sangat luas. Sejauh mata memandang yang terlihat hanya daun hijau teh dan pepohonan yang lebat.
 
Perkebunan ini berada di 1628mdpl. Suhu di tempat ini bisa mencapai 20 derajat Celcius. Di kejauhan, terlihat juga beberapa air terjun kecil. Bukit-bukit hijau pun turut mengelilingi Perkebunan Teh Rancabali dan semakin memanjakan pandangan mata.
 
Perkebunan ini juga merupakan spot favorit fotografer. Momen terbaik di tempat ini adalah menjelang sore dan ketika pagi. Saat sore langit akan berwarna orange dan kuning sedangkan ketika pagi, kamu akan melihat kabut putih yang keluar di belakang pepohonan hijau. Sesekali kabut itu akan membentuk garis tipis dan lurus yang indah. Bahkan dengan pesona alam yang disediakan, tidak membutuhkan keahlian mahir untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Ciwidey Valley Hot Spring Water

Ciwidey Valley Hot Spring Water adalah taman wisata yang cocok untuk wisata keluarga. Lokasi ini memiliki tempat bermain air dan latarbelakang menakjubkan dari pegunungan Ciwidey. Air yang terdapat di sini adalah air panas alami, sesuai dengan namanya Hot Spring Water.

Terdapat dua macam kolam renang, yaitu kolam untuk dewasa dan kolam renang untuk anak-anak. Untuk anak-anak, kolamnya dilengkapi dengan permainan waterpark yang cukup lengkap. Ini akan menjadi momen liburan yang lengkap untuk ibu/bapak serta anak-anak.

Selain itu, kamu akan melihat patung-patung binatang yang mengelilingi area kolam renang. Keberadaan patung akan membuat daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Umumnya ini akan menjadi spot befoto para pengunjung. Ada juga ember raksasa diatas kolam yang jika airnya penuh, ember ini akan siap mengguyur semua orang yang berada dibawahnya.

Selain permainan air, terdapat juga taman burung dikawasan Ciwidey Valley Hot Spring Water ini. Bahkan playground seperti ayunan dan taman labirin juga bisa kamu temukan di area ini. Tentu saja ini akan menjadi tempat yang lengkap untuk liburan keluarga. Ketika lelah menanti, terdapat juga penginapan dalam bentuk pondok dan camping ground dengan suasana Indian. Semakin lengkap ya liburannya.

Ranca Upas

Ranca Upas atau juga disebut Kampung Cai Ranca Upas adalah objek wisata dengan konsep terbuka yang natural / alami. Lokasi ini diperuntukan untuk kawasan perkemahan dan dapt mendukung berbagai aktifitas outdoor lainnya.

Perkemahan seluas 251 hektar ini kaya akan flora dan fauna langka. Hal tersebut karena Ranca Upas terletak di area hutan lindung tempat konservasi. Sama dengan wilayah lainnya di Ciwidey, tempat ini juga memiliki suhu yang dingin. Jadi persiapkan selimut tebal jika ingin berkemah disini ya. Tempat kemah ini terletak di 1700mdpl, inilah salah satu penyebab tempat ini cenderung lebih dingin daripada tempat lainnya.

Terdapat kolam renang air hangat di dalam wilayah Ranca Upas. Tidak hanya sebagai tempat kemah dan kolam pemandian air hangat saja. Ranca Upas juga memiliki apot lainnya yang wajib dikunjungi, yaitu penangkaran rusa Ranca Upas, adventure, ATV, outboundm waterboom, outdoor gathering, dan banyak lagi. Untuk mengetahui spot lainnya, tentu kamu harus masukan lokasi ini sebagai destinasi tujuan kamu berikutnya.

Green Hill Park

Green Hill Park merupakan bagian dari kawasan Taman Wisata Alam Cimanggu. Taman wisata ini adalah berupa hutan yang juga kawasan alam untuk pariwisata dan rekreasi.

Green Hill juga dilengkapi fasilitas penginapan, kolam rendam air panas alami, kolam terapi ikan, camping ground, gazebo, wahana outbound, dan wisata edukasi dengan konsep back to nature.

Di dalam kawasan ini juga terdapat aneka ragam jenis flora, pepohonan berukuran besar yang berusia puluhan tahun. Serta aneka jenis fauna, sumber air panas dari Gunung Patuha, serta topografi alam yang bergelombang.

 

Leave a Reply