Kawah Putih Bandung merupakan salah satu tempat wisata yang cukup populer di Indonesia. Kawah Putih terletak di kaki Gunung Patuha, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Ia dikenal sebagai salah satu wisata alam Bandung yang punya beberapa spot foto-foto instagramable. Belum ke Bandung rasanya bila melewatkan keindahan Kawah Putih Ciwidey.

Bandung memang punya magnetnya tersendiri yang selalu membuat pelancong tertarik untuk mengunjunginya. Tak hanya berburu hasil jepretan foto, para wisatawan juga bisa menyaksikan pemandangan sunset terbaik saat berkunjung ke Kawah Putih Bandung. Wah, tertarik mengunjunginya? Simak dulu artikel berikut!

Sejarah Kawah Putih Ciwidey

Tak hanya keindahan alam eksotisnya, Kawah Putih Bandung juga memiliki kisah sejarah yang menarik untuk diulas. Berawal dari letusan dahsyat Gunung Patuha pada abad ke-10, pesona keindahan danau kawah diiringi dengan beberapa kisah mistis. Banyak masyarakat meyakini, bahwa lokasi sekitar kawah adalah kawasan angker sebab konon katanya setiap burung yang melintasi daerah tersebut akan mati tanpa sebab.

Sampai pada tahun 1937, seorang ahli botani berkebangsaan Jerman, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn meneliti area sekitar danau kawah. Dr. Franz tertarik untuk mengumpulkan informasi seputar Kawah Putih Bandung berkat mitos serta cerita yang berkembang di masyarakat. Dulu, kawasan danau kawah merupakan area pegunungan yang sunyi sampai-sampai tidak ada satu burung pun terlihat terbang melewatinya.

Hingga akhir penelitiannya, Dr. Franz menepis seluruh pernyataan masyarakat yang mengatakan bahwa area danau kawah telah dihuni oleh makhluk halus. Berdasarkan penelitian yang ia jalani, opini dan ketakutan masyarakat akan seramnya Kawah Putih Bandung tidak masuk akal sama sekali. Dr. Franz tidak menemukan satu bukti ilmiah pun yang mendukung anggapan mitos masyarakat.

Namun karena sangat penasaran, Dr. Franz akhirnya pergi menyusuri hutan rimba daerah sekitar pegunungan dan danau untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di kawasan tersebut. Hingga puncaknya, setelah perjalanan panjang, Dr. Franz menemukan keberadaan bentangan danau putih indah dengan bau belerang yang sangat menyengat.

Akhirnya, Dr. Franz menemukan penyebab setiap burung yang otomatis mati saat memasuki kawasan pegunungan ini. Bukan karena angker, bau belerang yang menyengat merupakan alasan dibaliknya. Berkat penelitiannya, danau kawah mulai dikenal dan dikembangkan oleh pemerintah setempat menjadi tempat wisata yang indah.

Suasana Kawah Putih Ciwidey

Memiliki lokasi sangat strategis membuat Kawah Putih Ciwidey yang terletak di ketinggian 2434 MDPL dengan total luas sekitar 25 hektar selalu dipenuhi oleh para pengunjung. Area danau kawah bertempat di Desa Alam Endah, Jalan Raya Soreang Ciwidey KM 25, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Berkat panorama serta pemandangan alamnya yang unik dan menawan membuat Kawah Putih Bandung sering dijadikan sebagai lokasi unggulan photoshoot, pengambilan gambar hingga foto prewedding. Biasanya, area sekitar danau yang menjadi spot dan kawasan favorit para wisatawan untuk menjepret setiap momennya.

Tanah putih, ditambah dengan hijaunya sekitar danau menjadikannya seolah-olah hamparan salju yang luas. Itulah sebabnya, foto yang dihasilkan akan terlihat lebih menarik. Berlatar belakang pohon-pohon tanpa daun serta area perbukitan dianggap sebagai nilai tambahan yang turut membuat hasil akhir foto tampak lebih eksotis.

Bahkan, banyak seniman seperti pelukis yang rela datang jauh-jauh untuk melukis keindahan pesona alam Kawah Putih Bandung. Sehingga dapat disimpulkan bahwa danau kawah tidak hanya sebatas objek foto unggulan, keindahannya bisa sampai membuat para pelukis tertarik mengabadikannya menjadi karya lukis yang luar biasa.

Pengunjung tampak betah berlama-lama menghabiskan waktu di Kawah Putih Bandung berkat suguhan pemandangan indah dan hawa sejuknya. Perlu diketahui, udara sekitar kawasan pegunungan dan danau dapat mencapai 8 derajat celcius saat musim dingin. Sementara saat musim kemarau atau panas suhu maksimal area kawah mencapai 22 derajat celcius.

Para wisatawan sangat disarankan untuk memakai pakaian berbahan tebal dan membawa jaket agar tetap merasa hangat selama berada di kawasan danau. Pekat dan tebalnya kabut yang menutupinya di pagi dan sore hari menjadi bukti nyata atas dinginnya udara di objek wisata alam andalan Bandung satu ini.

Fasilitas Kawah Putih Ciwidey

Hamparan danau belerang yang indah membuat para pengunjung yang menggeluti bidang fotografi atau sekedar hobi berfoto dapat mengeksplorasi berbagai pemandangan dan panorama menarik di setiap sudutnya. Bagi para wisatawan yang senang akan aktivitas fisik, pihak pengelola juga sudah menyediakan jalur pendakian ke Gunung Patuha.

Jalur pendakian Gunung Patuha dinilai tidak terlalu terjal sehingga cukup aman dilalui bahkan untuk pemula sekalipun. Walau dibekali keamanan tinggi, Anda tetap harus menyiapkan perlengkapan dan alat-alat pendakian yang lengkap. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan jaket dan pakaian tebal agar tetap nyaman dan hangat saat mendaki.

Tak hanya fotografi dan pendakian, pengelola juga menyediakan pilihan berkuda bagi wisatawan yang mungkin tidak tertarik dengan aktivitas menanjak. Kegiatan berkuda mengelilingi Kawah Putih Ciwidey dapat menjadi pilihan bagus saat berlibur bersama anak. Tak perlu khawatir, beberapa masyarakat sekitar akan bersedia membantu dan menemani Anda berkuda.

Di samping semua keindahan yang telah ditawarkan, Kawah Putih Ciwidey tetap memiliki resiko bahaya. Sebab, mengandung belerang konsentrasi tinggi, sehingga pengunjung yang mempunyai riwayat asma dan gangguan pernafasan tidak disarankan untuk berlama-lama disini. Opsi lainnya, wisatawan dapat menggunakan masker gas seluruh muka yang akan melindungi dari paparan zat belerang.

Terlalu lama berada di Kawah Putih Ciwidey juga dapat beresiko menimbulkan rasa mual, pusing hingga sesak nafas yang tidak mengenakkan. Bila hanya ingin bersantai, wisatawan bisa duduk di bangku-bangku yang telah disiapkan pengelola di luar area kawah sembari menikmati segarnya udara sekitar kaki Gunung Patuha.

Fasilitas lain yang disediakan pengelola antara lain mushola, area parkir luas atas bawah, transportasi kendaraan ontang-anting, pusat informasi, toilet, tempat makan dan restoran. Kawah Putih Bandung buka juga setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 untuk umum.

Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey

Keindahan panorama objek wisata Kawah Putih Bandung dapat dinikmati dengan membayar tiket masuk sebesar Rp27.000 bagi wisatawan domestik. Sementara untuk pengunjung mancanegara dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp81.000. Harga tiket masuk tersebut berlaku untuk 2 jam waktu kunjungan.

Tersedia dua area parkir kendaraan yang dapat dipilih wisatawan saat berkunjung ke Kawah Putih Bandung, yakni parkir atas dan bawah. Parkir atas merupakan area yang berada dekat danau, sehingga pengunjung dapat berjalan kaki untuk sampai ke kawah. Sementara parkir bawah terletak di depan gerbang masuk kawasan wisata, sehingga pengunjung harus menaiki ontang-anting untuk bisa sampai ke kawah.

Ontang-anting adalah kendaraan semacam mini bus yang telah dimodifikasi sedemikian rupa menjadi terbuka. Satu ontang-anting mampu menampung 1 sampai 12 penumpang. Setiap penumpang perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp13.000 untuk menaiki ontang-anting hingga sampai di kawah.

Bila menginginkan parkiran atas dekat lokasi kawah, pengunjung yang membawa kendaraan roda empat baik pribadi maupun mobil wisata akan dikenakan biaya sebesar Rp150.000. Sedangkan, jika parkir di bawah, kendaraan roda empat Anda hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp6.000 saja.

Bagi yang mengendarai motor, wisatawan akan dikenai tarif sebesar Rp35.000 bila parkir di atas. Sementara jika memilih parkir bawah biaya yang dikeluarkan hanya sebesar Rp5.000. Khusus untuk bus dan kendaraan besar lainnya hanya bisa diparkirkan di bawah dan dikenai tarif sebesar Rp25.000.

Baca Juga: Curug Malela Bandung

Setelah mengetahui ulasan lengkap tentang keindahan Kawah Putih Ciwidey Bandung, apakah Anda tertarik mengunjunginya? Bila iya, pastikan untuk selalu menggunakan pakaian dan jaket tebal serta masker. Selamat berwisata dan menikmati keindahan Kawah Ciwidey Bandung.

 

Leave a Reply