Sejak didirikan pada tahun 1966, Taman Impian Jaya Ancol merupakan salah satu wisata unggulan yang dapat menjadi salah satu pilihan saat berkunjung ke Jakarta. Termasuk dalam kawasan rekreasi tematik terbesar, Taman Impian Jaya Ancol Jakarta merupakan kawasan resor tepi pantai yang  menempati lahan seluas 80 hektar. 

Pengelola Taman Impian Jaya Ancol Jakarta telah menyediakan banyak fasilitas serta wahana bagi para pengunjung. Mulai dari pantai, kolam renang, wahana seru, olahraga air, pertunjukan spektakuler, hingga ecopark Ancol. Tertarik mengunjunginya? Berikut ulasan seputar ragam wahana serta tiket masuk Taman Impian Jaya Ancol Jakarta.

Wahana Taman Impian Jaya Ancol Jakarta

Ada banyak sekali fasilitas serta wahana yang bisa dinikmati saat mengunjungi Taman Impian Jaya Ancol Jakarta. Bukan hanya taman dan pantai Ancol, berikut beberapa wahana terkenal yang sayang dilewatkan.

Dunia Fantasi

Walau telah berusia 35 tahun, Ancol Dreamland selalu punya pesonanya sendiri. Tempat yang lebih akrab disebut Dufan ini merupakan salah satu tujuan wajib para wisatawan saat berkunjung, selain pantai Ancol. Bahkan tak lengkap rasanya jika pergi ke Ancol tanpa mampir ke kawasan dengan total luas 9 hektar.

Selain pusat edukasi Fisika Dunia Fantasi, Ancol Dreamland juga menyediakan beragam wahana lain yang dibekali dengan teknologi tinggi. Di antaranya adalah.

Bianglala: Merupakan salah satu wahana terkenal, Bianglala merupakan kincir besar yang tinggi dan berputar. Bianglala berputar seperti kincir yang terkena terpaan angin.

Turangga: Wahana Turangga lebih akrab dikenal dengan sebutan komidi putar. Turangga mempunyai banyak bangku dan kuda-kudaan yang unik. Keunikan kuda terletak pada gerakan naik turunnya yang membuat kita merasa berputar saat mengendarainya.

Hysteria: Termasuk dalam wahana yang paling diminati pengunjung, Hysteria menawarkan sensasi menantang dengan seolah-olah melempar dan menghempaskan penumpangnya. Wahana yang cukup memacu adrenalin ini tidak disarankan bagi penderita penyakit kronis seperti jantung.

Tornado: Selain Hysteria, Tornado juga merupakan wahana lain yang tak kalah ‘berisik’. Disebut berisik, sebab Tornado membuat pengunjung merasa pusing dan tidak berhenti berteriak.

Kora-Kora: Mempunyai tampilan yang mirip seperti perahu raksasa, Kora-Kora disukai banyak pengunjung karena keunikan bentuknya. Kora-Kora membuat pengunjungnya terus berteriak dengan gerakan ayunan ke depan dan ke belakang.

Halilintar: Termasuk anggota ‘tiga serangkai’ bersama Hysteria dan Tornado, Halilintar merupakan wahana yang juga tak mau kalah menawarkan tantangan kepada para pengunjungnya. Halilintar mempunyai tanjakan serta turunan yang tinggi dan menukik dengan jalur rel berbentuk bulat.

Happy Feet: Bila mengunjungi wahana ini, Anda akan merasakan teater simulator yang diperuntukkan bagi film animasi Happy Feet.

Arung Jeram: Para wisatawan akan dibuat seolah-olah berada di sungai berarus deras. Wahana Arung Jeram melewati tempat-tempat serta kawasan yang telah dirancang sedemikian rupa agar mirip dengan aslinya.

Niagara: Wahana dimana pengunjungnya diajak untuk naik perahu untuk kemudian diluncurkan ke dalam genangan air dari ketinggian beberapa meter. Titik seru Niagara terletak saat perahunya jatuh, percikan air akan mengenai badan pengunjung.

Perang Bintang: Ingin menjelajahi dunia luar angkasa? Mencoba Perang Bintang saat mengunjungi Dufan mungkin tidak ada salahnya. Anda akan dibawa mengelilingi lorong-lorong yang tampak seperti luar angkasa. Perang Bintang juga menyediakan aneka atribut pendukung sehingga pengunjung benar-benar merasakan sensasi luar angkasa.

Poci-Poci: Wahana Poci-Poci diperuntukkan bagi dua orang pengunjung yang akan ditempatkan di gelas berukuran sangat besar. Wisatawan akan dibawa menikmati sensasi meja makan raksasa.

Rumah Miring: Tak hanya bangunan utamanya, benda-benda di sekitar perjalanan juga disusun secara miring.

Treasure Land Temple of Fire: Merupakan wahana baru di Dufan, Treasure Land Temple of Fire menawarkan cerita petualangan arkeolog di kuil kuno dalam mencari artefak. Pengunjung akan dibawa menikmati aksi para stuntman dengan cerita uniknya masing-masing.

Ocean Dream Samudera

Selain Seaworld Ancol, Theme Park Ocean Dream Samudera juga dibangun dengan tujuan untuk membawa pengunjung agar lebih mengenal, dekat dan menyayangi satwa. Mirip Seaworld Ancol, sesuai namanya, satwa yang disediakan juga merupakan binatang air seperti paus putih, lumba-lumba dan anjing laut. Penyelenggaraan pertunjukan dapat Anda saksikan di jadwal yang telah ditentukan sebagaimana berikut.

Pukul 09.45: Satwa mulai menunjukkan aksinya, seperti bermain bola dan berhitung.

Pukul 10.30: Pentas lumba-lumba mulai beraksi

Pukul 11.00: Penampilan cinema Dora Adventure 4 dimensi 

Pukul 12.00: Penampilan cinema Turtle Vision 4 dimensi

Pukul 12.30 – 13.00: Istirahat

Pukul 13.00: Penampilan cinema The Little Prince 4 dimensi

Pukul 13.30: Atraksi burung laut

Pukul 14.30: Penampilan teater bawah air di dalam akuarium dengan cerita putri duyung, lumba-lumba dan penyelam.

Pukul 15.15: Atraksi spektakuler Scorpion Pirates Water Stuntmant, berupa akrobat jet ski serta pertunjukan perkelahian.

Atlantis Ancol Water Adventure

Atlantis Ancol memiliki 8 kolam utama dengan total luas sekitar 5 hektar. Kedelapan kolam Atlantis Ancol mempunyai nama-nama yang unik seperti Antila, Aquarius, Poseidon, Plaza Atlas, Kiddy Pool, Octopus dan Atlantean. Para pengunjung dapat menikmati berbagai keseruan di Atlantis Ancol dengan berenang atau mencoba wahana-wahana yang telah disediakan.

Seaworld Ancol

Merupakan akuarium bawah tanah pertama dan satu-satunya di Indonesia, Seaworld Ancol didirikan di lahan seluas 2 hektar. Seaworld Ancol menawarkan keindahan biota laut sehingga pengunjung dapat melihat bagaimana binatang dan tumbuhan hidup di dalam air. Oleh karena itu, para wisatawan dapat menyaksikan dunia bawah laut yang indah saat berkunjung ke Seaworld Ancol.

Setidaknya, dalam 28 layar tampilan berbentuk akuarium besar dan empat kolam terbuka, Seaworld Ancol menyimpan sekitar 7000 makhluk hidup air tawar lebih. Bahkan di waktu tertentu, pengunjung diizinkan untuk berinteraksi secara langsung seperti memberi makan satwa laut di Seaworld Ancol.

Augustine Phinisi

Selain menghadirkan Seaworld Ancol sebagai akuarium terbesar pertama di Indonesia, pengelola juga mendatangkan Augustine sebagai kapal pinisi privat perdana di Jakarta. Mengusung konsep privat, membuat pelayaran Augustine Phinisi di Pantai Ancol diminati oleh banyak orang terlebih di masa pandemi seperti sekarang.

Ukuran panjang kapal pinisi Augustine di pantai Ancol juga cukup besar, yaitu sekitar 30 meter. Kapal layar Augustine di pantai Ancol memiliki 4 kamar tidur, 4 toilet, ruang makan dan dapur yang dapat diisi oleh 12 tamu. Anda perlu menyisihkan uang lebih banyak untuk menikmati kenyamanan yang ditawarkan kapal Augustine Phinisi.

Gondola Ancol Jakarta

Sejak beroperasi pertama kali di tahun 2003, Gondola Ancol Jakarta selalu menarik perhatian banyak wisatawan. Jadi bukan hanya Seaworld Ancol, menaiki gondola juga dapat menjadi pilihan yang bagus saat berkunjung ke Jakarta. Setiap Gondola Ancol Jakarta dipasangi dinding dan lantai transparan sehingga membuat pengunjungnya merasakan sensasi melayang.

Alive Museum

Bagi pengunjung yang menyukai karya seni rupa dan lukis, mampir ke Alive Museum dapat menjadi pilihan tepat. Bukan hanya lukisan dan karya seni rupa biasa, Alive Museum memodifikasinya dengan teknologi digital yang canggih. Pengunjung dapat berswafoto ria dengan patung lilin para selebriti.

Alive Museum dilengkapi dengan ilusi 3 dimensi, seperti Dark Road, Zona Ekstrim, Zona Travel, Zona Sirkus, Zona Horor dan Zona Fantasi.

Faunaland

Selain pantai Ancol, pengelola juga menyediakan kawasan kebun binatang yang cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga. Faunaland dibangun di atas lahan seluas 5 hektar dengan menggunakan konsep Papua yang memadukan Asia dan Australia. Faunaland memiliki keanekaragaman flora dan fauna unik

Ecopark Ancol

Ecopark Ancol merupakan wahana baru yang dihadirkan pengelola. Kawasan Ecopark Ancol terdiri atas 4 zona berbeda, yaitu zona Eco Care, Eco Nature, Eco Energy dan Eco Art. Mengusung konsep go green, Ecopark Ancol memungkinkan para pengunjungnya untuk mencoba berbagai permainan. Beberapa wahana bermain di Ecopark Ancol adalah kano, outbondingholic, paintball, learning farm dan achery battle.

Tiket Masuk Taman Impian Jaya Ancol Jakarta

Setelah mengetahui beberapa wahana yang tersedia, berikut harga tiket masuk yang harus disiapkan untuk berkunjung ke Taman Impian Ancol Jakarta.

Tiket Masuk Ancol

Sebelum memasuki kawasan inti seperti Dufan, Atlantis, Pantai Ancol dan lainnya, Anda perlu menyiapkan tiket masuk yang dibandrong dengan harga:

Tiket Orang: Rp25.000

Tiket Mobil: Rp25.000

Tiket Motor: Rp15.000

Dunia Fantasi

Berniat mengunjungi Dufan? Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp200.000 per orangnya.

Ocean Dream Samudera

Untuk dapat melihat berbagai pertunjukan serta atraksi aneka satwa laut selain di Seaworld Ancol, Anda perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp95.000 sampai Rp133.000

Atlantis Ancol Water Adventure

Keseruan Atlantis Ancol dapat dinikmati mulai dengan Rp80.000 hingga Rp105.000 untuk tiket reguler. Sedangkan untuk tiket annual pass Atlantis Ancol dibandrol mulai dari harga Rp290.000.

Seaworld Ancol

Masih terjangkau, harga tiket Seaworld Ancol ternyata dijual mulai harga Rp85.000. Sedangkan untuk harga tiket Seaworld Ancol tertinggi berkisar di angka Rp123.000.

Augustine Phinisi

Selain menyisihkan sebagian biaya untuk keperluan tes anti Corona, pengunjung juga harus merogoh kocek lebih dalam sekitar Rp1.500.000 hingga Rp3.200.000 per orangnya untuk menikmati pinisi Augustine di pantai Ancol.

Gondola Ancol Jakarta

Pada hari biasa, Gondola Ancol mematok Rp60.000 untuk setiap orangnya. Sedangkan pada hari libur, pihak pengelola mengatur tiket masuk sekitar Rp70.000.

Alive Museum

Karya seni rupa dan lukisan yang terdapat di Alive Museum dapat dinikmati mulai dari harga Rp100.000.

Faunaland

Mengangkat konsep taman rekreasi ramah keluarga, Faunaland menetapkan harga tiket masuk sekitar Rp65.000.

Ecopark Ancol

Termasuk dalam salah satu wahana terbaru, Ecopark Ancol dibandrol di harga sekitar Rp125.000 untuk setiap orangnya.

Baca Juga: Tempat Wisata di Jakarta Selatan

Kini Anda telah mengetahui beberapa wahana seperti Dufan, Seaworld, Antalantis hingga Ecopark Ancol beserta harga tiket masuknya. Ancol telah berkembang menjadi salah satu ikon pariwisata yang patut diperhitungkan di Jakarta. Jadi, kapan berkunjung ke Ancol?

 

Leave a Reply