Berlibur di tengah pandemi saat ini sudah mulai banyak dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada. Banyak model liburan yang kini diminati saat pandemi. Di antaranya adalah staycation. Jika kamu ingin staycation di Jakarta, Citi M Hotel bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain staycation, kamu juga tentunya bisa berkunjung ke tempat wisata di Jakarta di antaranya yang lagi hits adalah Museum MACAN Jakarta. Ingin tahu lebih banyak tentang Museum MACAN (Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara)? Berikut ulasan lengkapnya:

Tentang Museum MACAN

Museum MACAN Jakarta adalah singkatan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Museum ini pertama kali dibuka pada 4 November 2017. Museum MACAN Jakarta ini menjadi museum pertama yang mengusung konsep museum seni modern dan kontemporer di Indonesia. Museum ini dibangun dengan pondasi dari koleksi pribadi milih Haryanto Adikoesoemo. Haryanto merupakan seorang kolektor seni Indonesia dan internasional sejak tahun 1990.

Visi utama dari berdirinya museum ini adalah untuk mengembangkan apresiasi seni yang ada di Indonesia dengan menjadi saran menghubungkan dunia seni Indonesia dengan internasional. Museum MACAN Jakarta terletak di AKR Tower Level M, Jalan Panjang No. 5 Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Pengunjung museum ini biasanya selalu membludak. Banyak yang antre untuk bisa masuk dan menyaksikan langsung pameran seni dalam museum ini.

Koleksi Seni Museum MACAN

Koleksi museum ini berfokus pada seni modern dan kontemporer dari Indonesia, Eropa, Amerika, dan Asia. Koleksi seni di museum ini diambil dari koleksi pendiri museum, dan dengan pinjaman jangka panjang ke museum. Koleksi tersebut telah dikembangkan selama lebih dari 25 tahun dan terus berkembang yang terdiri dari karya seni terkemuka dari Indonesia, Eropa, Amerika Utara, Cina dan bagian lain Asia.

Koleksi tersebut berjumlah ratusan karya seni. Di antara beberapa contoh karya seni di museum ini adalah bernama My Eternal Soul yang merupakan karya seri monumental dari pelukis Jepang Yayoi Kusama. Karya seni tersebut kini sudah berjumlah 500 buah lukisan.

Fasilitas Museum MACAN

Fasilitas di dalam museum ini cukup lengkap di antaranya ada fasilitas untuk penitipan barang, toilet khusus difabel, klinik, ruang perawatan bayi hingga akses kursi roda. Selain itu, di dalam museum juga terdapat kafe yang berkelas untuk tempat beristirahat bagi para pengunjung. Kafe tersebut juga menggunakan desain seni dengan nuansa klasik yang berlantai kayu sehingga terlihat mewah. Selain itu, kafe tersebut juga dikelilingi oleh dinding kaca yang memperlihatkan pemandangan kota Jakarta bagi pengunjung.

Harga Tiket Masuk Museum MACAN

Untuk masuk dan melihat pameran seni di museum MACAN Jakarta pengunjung diharuskan membeli tiket. Harga tiket yang disediakan pun berbeda-beda tergantung jenis pengunjung. Sementara itu, loket untuk tiket masuk ditutup pada 18.00 WIB. Pembelian tiket masuk ini bisa dilakukan secara online di website resminya.

Namun karena banyaknya antrian pengunjung, akan lebih baik jika kamu datang langsung ke museum sebelum hari kunjungan. Hal tersebut untuk memastikan ketersediaan tiket masuk. Berikut adalah daftar harga tiket masuk:

  • Tiket dewasa Rp100.000
  • Tiket anak berusia 3 sampai12 Tahun Rp80.000
  • Tiket pelajar dan Lansia Rp90.000
  • Paket tiket keluarga (2 dewasa, 2 anak di bawah umur 12 tahun) Rp300.000
  • Tiket anak dibawah 3 tahun Gratis

Jam Operasional Museum MACAN

Museum MACAN Jakarta ini dibuka setiap hari selasa hingga minggu. Untuk hari senin, museum ditutup atau libur. Jam operasional museum dimulai pukul 10.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Namun selama pandemi covid-19 ini museum masih ditutup sementara hingga waktu yang belum ditentukan. Meski demikian, pada 22 Januari 2021 museum MACAN Jakarta pertama kalinya membuka museum secara virtual. Pameran virtual yang bertajuk Pameran Stories Across Rising Lands tersebut akan berlangsung mulai 23 Januari hingga 23 Mei 2021. Selain pameran, Museum MACAN juga menggelar diskusi panel bulanan mulai Januari hingga Maret 2021.

Alamat dan Rute Museum MACAN

Museum ini terletak di di AKR Tower Level M, Jalan Panjang No. 5 Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Jika kamu ingin berkunjung ke museum bisa langsung menuju ke alamat tersebut. Untuk lebih mudahnya, kamu bisa menaiki TransJakarta jurusan Harmoni – Lebak Bulus turun di Halte Busway Kebon Jeruk (Kompas Gramedia) kemudian jalan kaki sekitar 300 meter menuju AKR Tower tempat Museum MACAN Jakarta berada. Untuk rute yang lebih praktis kamu bisa langsung menggunakan ojek online dari tempat awalmu di Jakarta.

Leave a Reply