Jakarta Selatan bukan hanya tentang mall besar dan mewahnya. Karena menjadi kawasan paling maju di provinsi DKI Jakarta, daerah ini memiliki segudang potensi pariwisata yang sayang bila dilewatkan begitu saja. Banyak tempat wisata mulai dari wisata alam, taman bermain, sejarah, pameran hingga kulinernya sedang menanti kedatangan Anda. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi objek wisata di Jakarta Selatan yang unik dan seru untuk dicoba bersama teman dan keluarga!

Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Selatan

Sebenarnya terdapat banyak sekali taman wisata di Jakarta Selatan yang bisa Anda datangi. Namun pembahasan kali ini akan membahas beberapa objek wisata di Jakarta Selatan yang paling unik dan jarang ditemui di kota lain. Berikut daftarnya!

1. Setu Babakan

Setu Babakan adalah perpaduan danau dan kampung tradisional yang dikembangkan khusus untuk melestarikan budaya Betawi. Selain mencoba berbagai wahana airnya, area ini dalam kawasan ini Anda bisa menikmati wisata agro, budaya, seni, sejarah hingga kuliner khas Betawi yang sudah jarang ditemui.

Lokasinya berada di Jalan Mohammad Kahfi II, Srengseng Sawah, Jagakarsa yang berjarak kurang lebih 5 km dari Kebun Binatang Ragunan. Bagi Anda yang tertarik berkunjung ke sini dengan mobil pribadi, bisa memarkirkan kendaraannya di depan pintu masuk agar tidak terjebak macet.

2. Escape Hunt

Escape Hunt masih terbilang baru, tapi karena keunikannya taman bermain yang mengungsung tema detektif ini sudah berhasil menarik banyak pengunjung. 

Di sini Anda akan merasakan pengalaman menjadi detektif dan diminta untuk memecahkan masalah hanya dalam waktu 90 menit. Terdapat 3 tema utamanya yaitu Explosion in The Kitchen Room, Murder in The Bedroom dan Kidnaping in The Study Room. 

Tempat ini dibuka setiap harinya dengan sesi pertama di setengah 10 pagi dan bagian kedua pada jam 8 malam. Harga tiket masuknya adalah 18 USD per orang, atau Anda bisa membayar menggunakan kartu kredit dalam Rupiah.

3. Jimbaran Outdoor Tanah Abang

Tempat wisata di Jakarta Selatan satu ini menawarkan pengalaman bersantai dan menyantap makanan layaknya taman tropis khas Bali. Selain memberikan nuansa nyaman dan mewah khas Bali, hidangannya juga tidak kalah berkelas.

Menu andalan yang bisa Anda coba antara lain Seafood Ceviche, Duck & Asian 5 Spice Sausage dan Roasted Chili & Garlic Shrimp. Lokasinya sendiri berada di Ayana Midplaza Jakarta Lobby Level.

4. Kampung Main Cipulir

Kampung Main Cipulir dalam taman wisata di Jakarta Selatan yang wajib dikunjungi apabila datang bersama anak-anak. 

Berbagai wahana ramah anak seperti trampolin, berkuda, memanah hingga flying fox mini akan siap membuat anak betah berlama-lama main di sini. Harga tiketnya juga cukup murah yaitu Rp5.000,00 di hari biasa dan Rp7.000,00 pada akhir pekan.

Bagi Anda yang tertarik berkunjung ke tempat wisata di Jakarta Selatan yang unik ini, bisa menuju Jalan Masjid Nurul Yaqin, Gang H. Sairi No.1A. 

5. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan adalah kawasan vivarium tertua di kota Jakarta. Dengan luas area mencapai 140 ha, kawasan ini memiliki berbagai koleksi mamalia, reptil, beruang, harimau hingga beberapa spesies flora Indonesia.

Tempat wisata di Jakarta Selatan ini berad di Jalan Harsono No.1 yang bisa dicapai menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Untuk harga tiket masuknya, Anda cukup membayar Rp4.000,00 per orang. Sedangkan untuk beberapa wahana dan atraksi di dalamnya ada biaya tiket tambahan. 

6. Taman Langsat

Taman langsat adalah tempat yang cocok bagi Anda yang ingin refreshing sambil melihat tumbuhan hijau di tengah hiruk-pikuk kota besar. 

Disini terdapat berbagai fasilitas umum yang menarik seperti danau mini, taman teratai, lapangan tenis, jalur jogging, arena bermain anak dan tempat duduk atau gazebo yang ada di setiap sudutnya. 

Lokasinya ada di jalan yang mengarah ke Terminal Bus Blok M. Taman Langsat juga selalu buka setiap saat dan para pengunjung juga tidak dipungut biaya sepeser pun.

7. Flight Experience Gandaria

Flight Experience Gandaria menawarkan pengalaman menjadi seorang pilot dengan simulasi penerbangan yang nyata. Anda juga akan diajari tentang berbagai alat yang ada di kokpit pesawat.

DI sini Anda kan mencoba menerbangkan pesawat Boeing 737-800 dengan alat simulator yang benar-benar sama dengan aslinya. Mulai dari getaran, perubahan gerak, hingga tekanan udaranya. Menarik bukan?

Untuk mencoba pengalaman ini Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp990.000,00 untuk simulasi berdurasi 30 menit dan Rp2.200.0000,00 pada sesi penerbangan selama 90 menit.

Lokasinya ada di Jalan Sultan Iskandar Muda dan selalu buka setiap hari pada pukul 10 pagi hingga jam 10 malam. 

8. Museum Harry Darsono

Harry Darsono adalah seorang desainer kelas dunia yang berasal dari Jakarta, Indonesia. Bahkan karya sudah pernah dipakai oleh mantan Putri Inggris, Lady Diana. Baju buatannya juga menjadi salah satu busana pilihan yang dimuseumkan di Istana Kensington, Inggris.

Melihat jasa dan keunikannya, Museum Harry Darsono dibanguan pada 1996 dengan bangunan ala istan Eropa dan Baroque. Bagi para pengunjung yang yang suka dengan fashion, tempat wisata di Jakata Selatan satu ini bisa menjadi tempat liburan yang cocok untuk Anda.

9. Komunitas Salihara

Komunitas Salihara adalah sebuah tempat perkumpulan para seniman kota Jakarta sekaligus tempat berbagai pertunjukan seni seperti pentas dan diskusi sastra, lomba menulis hingga forum theater.

Lokasinya berada di Jalan Salihara No.6 Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Bagi para pengunjung yang tertarik untuk menyaksikan pergelaran seni di sini, Anda bisa melihat jadwal pertunjukan di website resminya.

10. Museum Basoeki Abdullah

Siapa yang tidak tahu Basoeki Abdullah? Beliau adalah seniman dan pelukis yang sudah dikenal sampai ke dunia internasional. Walaupun Anda belum pernah mengenal beliau, Anda pasti sudah pernah melihat karyanya dibuka sejarah saat sekolah.

Pada museum ini Anda bisa melihat koleksi lukisan sang Legenda sepuasnya. Sebelum dibanguan muesum pun, tempat ini merupakan rumah pribadi miliki sang Seniman. Letaknya ada di Jalan Keuangan Raya, No.19 Cilandak. 

Bagi Anda yang tertarik berkunjung ke tempat wisata di Jakarta Selatan ini, museum sudah mulai terbuka untuk umum sejak pukul 9 pagi hingga 4 sore di hari kerja. Sedangkan di akhir pekan jam kunjungnya lebih pendek yaitu hanya sejak jam 9 pagi sampai 3 sore.

11. Hauwke’s Auto Gallery

Bagi para pecinta otomotif, kehadiran Hauwke’s Auto Gallery menjadi kabar gembira bagi Anda. Letaknya berada di Jalan Puri Mutiara VI No.18 B Cipete, Cilandak Timur, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Tempat wisata di Jakarta Selatan ini menghadirkan berbagai koleksi kendaraan antik dan mewah yang bisa disaksikan secara gratis. Selain berbagai koleksi mobil, disini terdapat banyak spot foto keren yang bisa digunakan untuk mempercantik feed instagram Anda.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Jakarta Selatan yang unik dan pastinya seru untuk dicoba. Sebelum berlibur pastikan juga Anda tetap dalam keadaan sehat dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. 

Leave a Reply