Berlibur tentu identik dengan aktivitas yang ditujukan untuk menyegarkan pikiran. Di antara tempat di Jakarta yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan berlibur adalah Taman Legenda Keong Mas TMII. Lokasinya berada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah atau TMII. Wisata Keong Mas menawarkan sejumlah wahana permainan seru dan edukatif yang dapat dinikmati bersama keluarga dan anak. Wahana rekreasi ini dibangun dengan perpaduan konsep budaya, edukasi, dan petualangan. Sehingga taman rekreasi ini terasa lengkap dan cocok sebagai tempat menghabiskan akhir pekan. Ingin tahu lebih lanjut mengenai wisata Keong Mas TMII? Simak penjelasannya berikut ini.

 

Sejarah Taman Legenda Keong Mas TMII

Taman Legenda Keong Emas TMII Jakarta dibangun sebagai bentuk pengembangan Taman Bunga Keong Emas yang telah berdiri sejak 20 April 1986. Pengembangan dilakukan dengan menambahkan sejumlah wahana di dalamnya. Wisata ini mulai dibuka untuk umum pada Desember 2015. Kini, area seluas 7 hektar telah berkembang dengan aneka wahana permainan. Mulai dari petualangan dinosaurus, museum, teater Keong Mas, dan sebagainya. 

Wahana rekreasi yang berada di kawasan Jakarta Timur ini menjadi ikon ibu kota sebagai sarana wisata terbesar di Indonesia. Visi didirikannya tempat rekreasi di TMII ini untuk mengedukasi masyarakat sekaligus melestarikan warisan kebudayaan Indonesia, satu diantaranya melalui legenda cerita rakyat. Wahana Keong Mas banyak menghadirkan pertunjukan teater dan film di Teater Imax Keong Mas.

 

Wahana Keong Mas TMII

Saat berkunjung ke taman rekreasi Keong Mas, Anda akan disuguhi berbagai wahana permainan dan edukatif yang seru. Agar Anda tidak bingung untuk mencoba jenis wahana yang mana, berikut ini rekomendasi wahana yang ada di Keong Mas TMII.

  1. Petualangan Dinosaurus

Lokasinya tidak terlalu jauh dari gerbang masuk Taman Legenda Keong Mas. Pada pintu masuk wahana Petualangan Dinosaurus, pengunjung akan disambut seekor dinosaurus bersayap. Saat berkunjung di petualangan Dinosaurus, seolah-olah Anda akan diajak ke masa lalu untuk berpetualang menjumpai berbagai spesies dinosaurus berukuran besar. Beberapa patung dinosaurus akan bergerak seperti menggerakkan anggota tubuhnya dan mengeluarkan suara bila terdapat pengunjung yang mendekat atau melewatinya. Hati-hati bila dinosaurus dapat menyemburkan air ke pengunjung secara tiba-tiba.

Sebenarnya taman dinosaurus tidak terlalu luas. Waktu menyusuri lintasan taman dino ini hanya sekitar 15 menit saja. Namun anak-anak akan merasa senang karena dapat dikenalkan wujud berbagai spesies dinosaurus yang seakan-akan hidup. Di ujung lintasan wahana petualangan dino, anak-anak akan menemukan area pasir untuk bermain. Di dalam pasir terdiri dari tulang belulang dinosaurus. Pengunjung seakan diajak menjadi peneliti fosil dinosaurus.

 

  1. Teater Imax Keong Mas 

Teater Imax Keong Mas sebagai satu di antara tempat yang dicari pengunjung. Pasalnya gedung raksasa berbentuk Keong Mas ini menawarkan pemutaran film dengan teknologi canggih. Tujuan didirikan gedung pertunjukan ini sebagai sarana wisata edukasi bagi anak-anak. Pengunjung yang menyaksikan film dengan teknologi sinematografi modem proyektor Imax, seolah-olah seperti berada di dalam film tersebut. Tema film yang ditayangkan masih dalam lingkup pendidikan, kebudayaan Indonesia, dan kekayaan alam.

 

  1. Kereta Gantung

Wahana permainan menegangkan yang dapat Anda rasakan yaitu Kereta Gantung. Fasilitas wisata ini akan memacu adrenalin bagi pengendara. Kereta Gantung berjalan bergelantungan pada tali lurus dan hanya menampung 4 orang. Dari dalam Kereta Gantung, Anda akan dipamerkan pemandangan Taman mini dan danau buatan dalam bentuk peta Indonesia dari atas. 

 

  1. SKyWorld 

Skyworld adalah wahana baru di TMII yang menyajikan ilmu pengetahuan tentang dunia luar angkasa. Anda akan dimanjakan dengan berbagai gambar dan foto astronomi. Tak hanya itu, merasakan pengalaman berkeliling ke ruang jelajah antariksa di antara planet-planet akan memberikan sensasi tersendiri. 

 

  1. Museum

Keong Mas TMII sengaja dibangun untuk tujuan edukasi. Melalui pembangunan museum, harapannya generasi muda tidak akan melupakan sejarah. Keong Mas TMII memiliki 14 museum dengan tema ilmu pengetahuan, budaya, dan teknologi. Jenis museum yang dapat dikunjungi mulai dari museum bertema transportasi, keprajuritan, perangko Indonesia, pusaka, telekomunikasi, iptek, Timor Timur, dan museum Al Quran.

 

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Keong Mas TMII

Jam Operasional Taman Wisata Keong Mas TMII

Senin – Jumat: 10.00 – 17.00 WIB

Sabtu dan Minggu: 09.00 – 18.00 WIB

 

Daftar Harga Tiket Masuk Keong Mas TMII

Untuk menikmati berbagai wahana seru tersebut, pengunjung harus membeli tiket masuk. Berikut Daftar Harga Tiket Masuk Keong Mas TMII.

Tiket Masuk Weekday = Rp75.000

Tiket Masuk Weekend Pagi (Sebelum Jam 12 Siang) = Rp75.000

Tiket Masuk Weekend Siang (Setelah Jam 12) = Rp85.000

 

Lokasi dan Rute Taman Legenda Keong Mas TMII

Taman rekreasi ini terletak satu kompleks dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Berlokasi di Jalan Raya TMII, Ceger, Kecamatan Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. 

Untuk menuju lokasi ini, Anda bisa menempuh dengan transportasi umum seperti bus TransJakarta, bus antar kota dan angkutan umum, dan taksi. Bus yang dipilih dengan rute ke TMII antara lain Transjakarta rute 9H jurusan Grogol-TMII, rute 9B jurusan Bundaran Senayan-Pinang Ranti, rute 9 jurusan Pluit-Pinang Ranti dan rute 9C jurusan Kota-Pinang Ranti. Sementara jalur bus umum yang berhenti di sekitar TMII meliputi AC70, JAK6, P9BT, S15A.

Itulah beberapa informasi mengenai Taman Legenda Keong Mas TMII. Sambil bermain, sambil belajar melalui berbagai wisata edukasi. Wisata edukasi yang dapat menambah pengetahuan pengunjung untuk semakin mengenal bangsa Indonesia. Tertarik untuk menghabiskan liburan akhir pekan dengan mengunjungi wisata Keong Mas?

Leave a Reply