Jakarta Pusat memiliki banyak area kuliner yang cocok untuk semua jenis pelancong. Wisata kuliner Jakarta Pusat memberi Anda pilihan sajian murah, kelas menengah, hingga yang mahal. Berbagai area kuliner populer ada di lokasi strategis, sehingga cocok untuk Anda kunjungi sambil berjalan-jalan. Berikut lima rekomendasi wilayah kuliner di Jakarta Pusat yang wajib dicoba.

1. Area Kuliner Pecenongan

Jalan Pecenongan di Gambir terkenal sebagai salah satu area wisata kuliner di Jakarta Pusat. Jalan ini ramai dengan restoran, kedai, warung tenda, dan kafe yang buka dari pagi hingga malam. Anda bisa menemukan bubur, kopi, chinese food, martabak, berbagai hidangan nasi, hingga menu-menu internasional. Jalan ini juga cocok untuk berburu hidangan khas daerah, seperti Makassar dan Betawi.

2. Cikini

Cikini terkenal sebagai salah satu surga kuliner di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Anda bisa menemukan banyak restoran, warung, dan kedai dengan berbagai menu. Pencinta makanan Indonesia seperti nasi uduk, soto Betawi, mi ayam, dan gado-gado akan dipuaskan dengan berbagai kedai yang ada di sini. Jika berjalan kaki menyusuri jalan-jalan kecil, Anda bisa menemukan pedagang keliling yang menjual jajanan lokal, seperti es podeng, es dawet, dan ketoprak.

3. Jalan Thamrin

Jalan Thamrin tidak hanya merupakan area bisnis, tetapi juga lokasi wisata kuliner. Banyak pegawai kantoran yang berburu makanan di kedai serta restoran Jalan Thamrin. Penyuka hidangan modern bisa menikmati menu internasional seperti Thailand, Hong Kong, Jepang, dan Italia. Akan tetapi, ada juga restoran hidangan lokal yang tidak kalah lezat, dengan pilihan berupa hidangan Jawa, Betawi, Padang, dan sebagainya.

Untuk petualangan kuliner yang lebih murah namun lezat, Anda bisa berburu di kawasan kuliner BSM Thamrin. Kedai-kedai yang ada di sini kebanyakan berupa warung tenda, dengan menu lokal terkangkau seperti bakso, soto, sate, dan ayam goreng.

4. Area Kuliner Taman Sunda Kelapa

Jalan Taman Sunda Kelapa terkenal dengan area kuliner yang berlokasi di dekat Masjid Agung Sunda Kelapa. Anda bisa berwisata religi ke masjid yang berdiri pada tahun 1970 ini sebelum mencicipi kuliner di sekitarnya. Area kuliner ini adalah tempat berjualan para pedagang makanan dari berbagai daerah di Indonesia. Anda bisa menemukan makanan dan jajanan lokal dengan harga murah.

Area kuliner Taman Sunda Kelapa lebih ramai pada hari Minggu, yaitu saat Car Free Day. Anda bisa datang pada pagi hari untuk menemukan menu-menu sarapan murah.

5. Jalan Jaksa

Jalan Jaksa adalah pusat hiburan dan kuliner malam yang ramai oleh wisatawan lokal maupun internasional. Anda bisa menemukan kedai kopi, restoran hidangan lokal dan Barat, restoran Malaysia, hingga warung-warung tenda atau pedagang makanan pinggir jalan. Jalan Jaksa lebih “hidup” pada sore hingga malam hari, namun area ini juga dekat dengan tempat wisata populer seperti Taman Ismail Marzuki, Gereja Katedral Jakarta, Museum Nasional, dan Galeri Nasional Indonesia.

Semua tempat wisata kuliner ini merupakan area ikonis di Jakarta Pusat. Selain mudah ditemukan, Anda juga bisa mengaksesnya dengan menginap di hotel yang strategis, seperti Citi M Hotel.

Akomodasi Strategis untuk Wisata Kuliner di Jakarta

Ingin mengakses semua area kuliner populer di atas? Menginaplah di Citi M Hotel. Berlokasi di daerah Gambir, Citi M Hotel memberi akses dekat ke tempat wisata populer seperti Monas, Istana Presiden, Plaza Indonesia, dan Masjid Istiqlal. Anda juga bisa memanfaatkan layanan antar-jemput gratis ke Pasar Tanah Abang, Stasiun Gambir, dan Monas.

Ingin wisata kuliner selama di hotel? Nikmati berbagai menu modern di King’s Café. Berlokasi di lantai satu Citi M Hotel, restoran dan kedai kopi ini menghadirkan sarapan, makan siang, dan makan malam hangat yang lezat. Anda bisa memesan menu-menu di sini kapan saja selama 24 jam. Cocok untuk memuaskan perut selama berada di hotel.

Berwisata di Jakarta Pusat tidak lengkap tanpa mencicipi makanan di area populernya. Kunjungi area kuliner Jakarta Pusat untuk menikmati rasa lokal dan internasional di ibu kota.

Leave a Reply