Bagaimana kamu merayakan ulang tahunmu? Mungkin banyak yang menjawab dengan kue. Apalagi di negara barat, kue adalah suatu keharusan untuk perayaan ulang tahun. Akan tetapi berbeda dengan negara barat, di Tiongkok ada tradisi kuno yang masih dipraktekkan hingga saat ini. Alih-alih menggunakan kue, perayaan ulang tahun di Tiongkok justru mengharuskan adanya mie yang juga dikenal sebagai mie ulang tahun atau mie panjang umur.

Orang Tionghoa percaya bahwa mie panjang melambangkan umur panjang. Maka dari itu, jika orang yang berulang tahun makan mie pada hari istimewa ini, maka dia akan memiliki umur yang panjang. Dan Kings Cafe Jakarta juga punya menu baru ini loh. 

Nah, penasaran dengan mie ulang tahun yang jadi menu baru di Kings Cafe? Atau ingin tahu seperti apa mie ulang tahun chinese ini? Kenapa bisa dipercaya membuat umur panjang? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Apa itu Mie Ulang Tahun?

Mie ulang tahun atau disebut juga 寿面 (shòu miàn), bukan hanya mie biasa. Secara harfiah 寿面 (shòu miàn) artinya “mie umur panjang” yang mana (shòu) berasal dari kata 长寿 (cháng shòu) yang berarti umur panjang dan (miàn) berasal dari kata 面条 (miàntiáo) yang berarti mie. 

Diyakini bahwa semakin panjang mie, semakin besar harapan untuk umur panjang. Umur panjang sendiri adalah salah satu cita-cita yang paling dihormati dalam budaya Tiongkok, bersama dengan kebahagiaan, kekayaan, dan kemakmuran.

Itulah sebabnya, biasanya pada hari ulang tahun seseorang, para anggota keluarga akan membuat mie sendiri atau bisa juga pergi ke restoran yang menyediakan menu mie tersebut, di Kings Café Jakarta misalnya.

Ada banyak cara untuk membuat nya, tetapi yang paling umum adalah dengan merebusnya menggunakan kaldu ayam. Selain itu, hidangan lezat ini terdiri dari berbagai bahan. Untuk menu baru dari Kings Cafe, kamu akan menemukan berbagai jenis seafood seperti udang, mie hokkie dan sayur-sayuran sebagai pilihannya. 

Nah, bahan-bahan tersebut dimasukkan ke dalam wajan panas untuk dimasak. Dan hasilnya adalah sepiring hidangan lezat dengan berbagai nutrisi, mulai dari karbohidrat, protein hingga antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.

Selain itu, dalam budaya Tionghoa ada cara khusus untuk menyantap mie ulang tahun chinese ini. Jadi, tidak hanya asal makan saja. Karena dibentuk dari sepotong adonan, maka bentuknya menjadi panjang. Saat kamu memakannya, sebaiknya mie yang panjang ini tidak dipotong dengan sumpit. Jika mulut sudah penuh, barulah kamu boleh menggigit dan mengunyahnya. Dipercaya, jika mie-nya dipotong-potong sebelum dimakan, hal itu sama seperti kamu memotong masa hidup atau dengan kata lain mempersingkat hidup kamu loh.

Beberapa kebiasaan lain yang terkait dengan makan mie umur panjang, yaitu jangan pernah mengisi mangkok sampai penuh karena itu berarti menunjukkan jika umur kamu sudah penuh atau habis umurnya. Juga, dalam perayaan, para tamu mengambil mie dari mangkuk mereka sendiri dan menempatkannya ke dalam mangkuk orang yang merayakan ulang tahunnya sebagai isyarat mendoakan keberuntungan, kebahagiaan, dan umur panjang.

Sejarah Mie Ulang Tahun

Jadi, penasaran kan? Apa hubungannya mie dan panjang umur. Sebelum mengetahui hal itu kita perlu tahu sejarahnya secara umum dulu, khususnya di Tiongkok. Mie sendiri sudah menjadi makanan pokok dalam masakan Tiongkok sejak dahulu. Mengingat sejak ribuan tahun yang lalu berdasarkan sebuah penemuan semangkuk mie berusia 4.000 tahun ditemukan di sebuah situs arkeologi di Tiongkok utara pada awal tahun 2000-an. Mangkuk yang ini ditemukan dalam keadaan terbalik dan untaian mie berwarna kuning utuh ada di dalamnya.

Karena bentuk dan panjangnya, para cendekiawan pada masa lalu sering mengartikannya sebagai umur panjang dan kehidupan yang lancar. Juga ada sebuah seni yang biasa dikenal dengan “Mie Tarik” dimana proses pembuatannya dilakukan dengan menarik adonannya dan memutarnya beberapa kali, lalu dilipat. Proses ini diulang-ulang, sehingga menjadi mie yang panjang dan tipis. Meskipun di China masih memungkinkan untuk menyaksikan pembuatan mie tarik ini, namun kebanyakan sekarang ini sudah dibuat dengan mesin.

Sedangkan tradisi atau kebiasaan makan mie ulang tahun pada hari ulang tahun seseorang, sudah ada sejak jaman Kaisar Wu (157 SM – 87 SM) dari Dinasti Han.

Suatu hari, Kaisar Wu bercanda kepada menterinya bahwa panjang lekukan antara hidung dan bibir atas (philtrum) berkaitan dengan umur panjang orang ini. Menteri Dongfang Zhuo kemudian menjawab bahwa ren zhong dari Pengzu, seorang pria legendaris dari Dinasti Shang yang hidup selama lebih dari 800 tahun, pasti memiliki philtrum yang sangat panjang.

Dan karena dalam bahasa Cina (miàn) bisa diartikan sebagai mie ataupun wajah, orang mulai mengasosiasikan mie dengan umur panjang. Sejak saat itu lah, mie panjang telah digunakan sebagai metafora umur panjang dan menjadi hal penting untuk perayaan ulang tahun.

Manfaat Mie Ulang Tahun untuk Kesehatan

Secara keseluruhan, menu mie ulang tahun seafood ini merupakan hidangan yang sehat. Berikut ini beberapa manfaat hidangan, yang sering juga disebut mie panjang umur, bagi kesehatan.

1. Kaya Antioksidan

Udang besar kaya akan selenium. Selenium ini merupakan salah satu antioksidan yang paling efektif untuk menjaga kesehatan sel.

2. Menguatkan Tulang

Hidangan ini juga membantu penguatan tulang karena mengandung fosfor, tembaga, dan magnesium.

3. Kalori yang tidak terlalu tinggi

Karena sebagian besar bahan mie hokkien ini merupakan karbohidrat, satu porsi hidangannya bisa mencapai sekitar 522 kalori. Yang mana bisa dibilang tidak terlalu berlebihan untuk satu porsi hidangan. Mengingat kebutuhan kalori harian manusia sekitar 2000 hingga 2500 kalori.

4. Serat yang bagus untuk tubuh

Selain itu, hidangan ini juga terdiri dari sayuran yang merupakan sumber serat makanan. Serat ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan kesehatan usus, belum lagi mencegah sembelit dan kembung.

Jadi, hidangan mie ulang tahun seafood ini termasuk rendah lemak, jadi aman dikonsumsi. Dan jika kamu mengkonsumsinya tidak terlalu sering, kamu akan mendapatkan manfaatnya. Bagaimana? Penasaran seperti apa rasa menu mie ulang tahun seafood ini? Satu porsinya juga bisa dimakan untuk berlima loh, jadi kalian bisa makan bareng keluarga atau teman. Jadi, bagi kalian yang berada di area Jakarta, isa banget mampir dan mencoba langsung hidangan mie ulang tahun yang bakal bikin umur panjang di Kings Cafe yang ada berada di Citi M hotel Jakarta. 

Leave a Reply