Jakarta adalah Ibukota negara sekaligus kota metropolitan di Indonesia. Berbagai gedung – gedung perkantoran tinggi dan pusat perbelanjaan menghiasi kota ini. Meskipun di tengah modernisasi kota, Jakarta masih menyimpan berbagai peninggalan sejarah. Salah satunya adalah kawasan Kota Tua yang menjadi objek wisata favorit masyarakat Jakarta. Meskipun letaknya berada di tengah kota, suasana Jakarta masa lampau masih sangat kental terasa. Untuk itu, ketika berkunjung ke Jakarta atau sedang bingung ingin menghabiskan akhir pekan dimana, maka kamu bisa mampir sejenak mengunjungi wisata Kota Tua Jakarta. Selain khas dengan suasana lawas serta keindahan bangunan tuanya, tentunya kamu juga berburu spot foto menarik. Mau tau apa saja hal menarik di destinasi sejarah Jakarta ini? Simak ulasan lengkapnya berikut.

Sejarah Kota Tua Jakarta

Sebelum kamu mengunjungi salah satu icon wisata sejarah di Jakarta ini, ada baiknya untuk mengetahui sejarah kota tua. Ketika itu wilayah ini masih dikenal dengan sebutan Pelabuhan Sunda Kelapa hingga kemudian Raden Fatahillah menyerang dan mengganti nama kawasan ini menjadi Jayakarta. Kedatangan bangsa Belanda juga berperan dalam rentetan sejarah kota tua. Pada masa itu, VOC yang merupakan perserikatan dagang Belanda dipimpin oleh Jan Pieterszoon Coen menyerang Jayakarta. Setelah berhasil meruntuhkan kawasan ini, VOC mengganti nama Jayakarta menjadi Batavia serta melakukan ekspansi wilayah hingga ke tepi Barat Sungai Ciliwung. 

Pembangunan kota pun selesai pada tahun 1650 dan Batavia dinobatkan sebagai kantor pusat VOC. Tidak berhenti sampai disitu, pasukan Jepang datang dan berhasil menduduki Batavia di tahun 1942. Kemudian nama kawasan tersebut kembali diganti menjadi Jakarta seperti yang kita kenal saat ini. Sebagai upaya pelestarian serta perlindungan kawasan bersejarah ini, Gubernur Ali Sadikin yang menjabat sebagai Gubernur Jakarta pada masa itu meresmikan Kota Tua Jakarta pada tahun 1972 sebagai situs peninggalan sejarah.

Spot Wisata Menarik di Kota Tua Jakarta

Ketika kamu akan mengunjungi kawasan Kota Tua Jakarta terdapat berbagai destinasi menarik. Jadi, dijamin nggak bakal bosan dan tentunya memuaskan hasrat untuk hunting spot foto yang bisa diupload ke sosial media. Mau tau apa saja spot menarik di Kota Tua Jakarta yang wajib kamu datangi? Simak ulasan lengkapnya berikut.

1. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah menjadi ikon dari wisata Kota Tua Jakarta. Arsitektur yang dimiliki bangunan ini mirip dengan Istana Dam di Amsterdam. Ketika menelusuri ke dalam, kamu akan menemukan ruangan pengadilan dan penjara bawah tanah. Selain itu, di dalam museum ini juga terdapat 23.200 koleksi barang sejarah baik asli maupun replika. Mulai dari replika peninggalan Kerajaan Pajajaran dan Tarumanegara serta berbagai furniture antik seperti keramik, gerabah, prasasti dan lainnya.

Selain itu, di area lapangan Museum Fatahillah, kamu juga dapat menemukan persewaan sepeda. Dengan menyewa sepeda ini kamu dapat berkeliling serta menikmati kawasan sekitar. Tak jarang, kumpulan burung dara juga akan datang dan bermain di area Museum Fatahillah. Kamu bisa ikut memberi mereka makan juga, loh. Para seniman jalan serta atraksi hiburan juga turut ambil peran untuk menghibur pengunjung yang singgah ke kawasan ini. Kamu bisa mengunjungi Museum Fatahilah setiap hari Selasa – Minggu mulai pukul 09.00 sampai 15.00.

2. Toko Merah

Spot wisata berikutnya adalah Toko Merah. Bangunan ini terkenal akan warna merah nya yang menyala sehingga membuat pandangan para pengunjung tertuju pada bangunan tua ini. Arsitektur bangunannya sangat identik dengan bangunan Belanda dengan jendela – jendela besarnya. Beberapa kali bangunan ini beralih fungsi dan saat ini biasa digunakan sebagai tempat pameran seni atau pertunjukkan. Meskipun tidak dibuka untuk umum, kamu tetap bisa menikmati kemegahan bangunan ini dari luar serta mengambil beberapa foto disini.

3. Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa adalah pelabuhan tertua yang ada di nusantara. Dulunya pelabuhan ini menjadi tempat persinggahan kapal – kapal asing serta kegiatan berdagang sehingga keberadaannya sangat penting pada masa kolonialisasi. Meskipun saat ini sudah tidak seramai dulu, kamu masih bisa melihat megahnya Kapal Pinisi yang bersandar di pelabuhan.

4. Museum Bank Indonesia

Saat berkunjung ke Kota Tua Jakarta memang banyak sekali destinasi wisata museum yang bisa kamu temukan, salah satunya adalah Museum Bank Indonesia. Sebelumnya, bangunan ini digunakan sebagai rumah sakit bernama Binnen Hospital. Namun, pada tahun 1828 dialihfungsikan menjadi Bank Indonesia yang kemudian juga berpindah ke gedung baru. Lalu, gedung lama nya dilestarikan menjadi Museum Bank Indonesia. 

Terdapat sebuah ruangan teater di dalam gedung bangunan Belanda ini. Biasanya teater tersebut akan memutarkan film tentang sejarah dan peran bank di Indonesia yang dapat dinikmati ketika kamu berkunjung kesini. Museum Bank Indonesia dapat dikunjungi di hari Selasa hingga Jumat dari jam 08.30 – 14.30

5. Museum Bahari

Selain Museum Bank Indonesia, kamu bisa mengunjungi Museum Bahari juga saat berwisata ke kawasan Kota Tua Jakarta. Saat menelusuri museum, kamu akan diajak belajar tentang kemaritiman serta melihat armada pertahanan laut Indonesia jaman dulu. Berbagai macam koleksi dipamerkan di museum ini, seperti kapal laut, meriam, jangkar, navigasi perkapalan, teropong, serta miniatur kapal juga dapat kamu temukan disini. 

6. Museum Wayang

Museum wayang ini dulunya bernama Hollandsche. Di dalam museum terdapat berbagai macam koleksi wayang Indonesia yang dapat kamu pelajari. Selain wayang lokal, di sini kamu juga bisa menemukan wayang dari berbagai negara seperti wayang Thailand, Kamboja, Suriname, dan Tiongkok. Pagelaran seni pertunjukan wayang juga rutin dilaksanakan setiap bulannya, biasanya pertunjukan tersebut akan diselenggarakan setiap minggu ke-2 atau ke-3. Jadi, pastikan kamu sudah mengecek jadwal dengan benar ketika ingin menikmati kesenian wayang saat sedang mampir kesini. Museum wayang ini beroperasi dari jam 08.00 sampai 17.00 dan tutup pada hari Senin.

7. Museum 3D Kota Tua

Jika kamu ingin merasakan sensasi wisata unik di Kota Tua Jakarta, kamu bisa mengunjungi Museum 3D. Museum ini tergolong destinasi wisata baru, karena baru dibuka pada 7 Desember 2018. Terdapat 7 Zona di Museum 3D ini, yaitu zona satwa, laut, dinosaurus, lukisan, rutinitas, petualangan dan horor. Museum 3D ini menyediakan berbagai macam latar unik yang dapat kamu gunakan untuk berfoto. Jadi, saat kamu main ke Kota Tua Jakarta jangan lupa untuk mampir ke Museum ini juga, ya. 

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Ketika kamu ingin mengunjungi salah satu icon wisata sejarah di Jakarta ini, Kota Tua Jakarta berlokasi di Jalan Pintu Besar Utara No. 27, RT 07 / RW 07, Kelurahan Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Ketika kamu memasuki kawasan Kota Tua ini, tidak akan dipungut biaya. Namun, ketika ingin memasuki beberapa objek wisata dikenakan biaya tiket masuk yang beragam. Berikut adalah harga tiket masuk sebagai panduanmu sebelum datang ke kota kua:

Destinasi wisata Harga tiket masuk
Museum Fatahillah Rp5.000
Pelabuhan Sunda Kelapa Rp2.500
Museum Bank Indonesia Umum : Rp5.000

Mahasiswa / pelajar : Gratis

Anak – anak usia 3 tahun kebawah : Gratis

Museum Bahari Anak – anak : Rp2.000

Mahasiswa  : Rp3.000

Dewasa       : Rp5.000

Museum Wayang Anak – anak : Rp2.000

Mahasiswa  : Rp3.000

Dewasa       : Rp5.000

Museum 3D Anak – anak : Rp40.000 (Senin – Jumat)

                      Rp50.000 (Weekend / liburan)

Dewasa       : Rp60.000 (Senin – Jumat)

                      Rp80.000 (Weekend / liburan)

Bagaimana, cukup terjangkau dan menarik bukan berkunjung ke wisata Kota Tua Jakarta? Jadi, ketika berada di Jakarta dan bingung mencari destinasi sejarah maupun spot foto menarik datang saja ke tempat ini. Dijamin kamu bakal menemukan bangunan unik, menarik dan tentunya bersejarah yang cocok dijadikan sebagai spot foto instagramable untuk sosial media mu.

Leave a Reply