Museum Bank Indonesia atau disingkat Museum BI adalah salah satu bangunan bersejarah di Jakarta dengan konsep neo-klasikal juga campuran pengaruh lokal yang mendunia. Museum unik ini dibangun pertama kali pada tahun 1828. Itulah sebabnya, ketika berkunjung ke Jakarta, ada baiknya menjadikan Museum  BI sebagai salah satu tujuan destinasi wisata. Selain terkenal akan sejarah otentik, Museum BI juga memamerkan berbagai koleksi bersejarah yang dapat dijadikan pedoman ilmu baik secara fisik maupun filosofi. Selain unsur sejarah, tentunya destinasi wisata Jakarta ini juga menawarkan panorama menarik. Mau tau apa saja koleksi menarik dan sejarah dibalik museum yang berada di kawasan Kota Tua ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Sejarah Museum Bank Indonesia

Setiap museum memiliki kisah menarik dibalik pendiriannya, tidak terkecuali Museum Bank Indonesia Jakarta. Museum yang letaknya berada di depan stasiun Beos Kota ini pertama kali didirikan tahun 1828 dan dulunya adalah tempat De Javasche Bank beroperasi.

Dulunya, Museum BI juga dipakai untuk rumah sakit umum dengan nama Binnen Hospital. Karena memiliki nilai sejarah yang tinggi, Museum BI akhirnya dialih fungsikan menjadi De Javasche Bank dinasionalisasikan menjadi Bank Sentral Indonesia atau yang umum dikenal sebagai Bank Indonesia pada tahun 1853. Namun gedung tersebut hanya beroperasi sampai tahun 1962 ketika Bank Indonesia berpindah di Thamrin, Jakarta Pusat. Kemudian gedung bekas BI tersebut dibiarkan kosong.

Namun, untuk menjaga nilai sejarah di dalamnya akhirnya,  Museum BI dibuka untuk umum pada 15 Desember 2006 dan dijadikan sebagai warisan cagar budaya. Selain itu, pendirian museum BI ini juga akan menunjang perkembangan kawasan Kota Tua sebagai destinasi wisata Ibukota. 

Koleksi Museum Bank Indonesia

Seperti halnya museum pada umumnya, Museum BI Jakarta juga menyimpan ragam koleksi menarik. Koleksi Museum Bank Indonesia Jakarta memberikan beragam informasi mengenai perkembangan perekonomian Indonesia sejak zaman dulu hingga masa kini. 

Koleksi yang dipamerkan mulai dari sejarah dan jenis mata uang di Indonesia sampai mancanegara, perkembangan logo Bank Indonesia dan kisah krisis moneter pada tahun 1998. Uang bersejarah yang menjadi koleksi Museum Bank Indonesia antara lain Uang ORI (Oeang Republik Indonesia), uang kertas Bank Indonesia seri Dwikora, uang kertas Pemerintah Republik Indonesia Serikat dan masih banyak lagi. 

Selain dipamerkan berbagai mata uang, tumpukan emas batangan dan patung yang menceritakan seputar pembangunan dan aktivitas perbankan pada masa kolonial juga turut meramaikan koleksi salah satu museum di Jakarta ini. Koleksi Museum Bank Indonesia di kawasan Kota Tua pada bagian belakang terdapat berbagai souvenir yang dijual mulai dari kartu pos, stiker, gantungan kunci, alat tulis sampai pakaian.

Berikutnya yang menjadi keunggulan Museum BI adalah fasilitas perpustakaan. Ada dua jenis perpustakaan di museum ini, mulai dari perpustakaan yang dikhususkan hanya untuk para peneliti museum dan perpustakaan yang dapat diakses umum. Dimana, Museum BI terdiri dari 2 lantai yang berisi seluruh pengetahuan tentang moneter, ekonomi dan perbankan yang dibutuhkan masyarakat. Selain itu, beberapa kegiatan seperti acara kebudayaan dan peringatan hari besar turut diselenggarakan di museum ini.

Jam Buka dan Tiket Masuk Museum Bank Indonesia Jakarta

Ketika kamu berada di kawasan Kota Tua dan ingin mengunjungi, Museum BI, Jam buka Museum Bank Indonesia pada hari Selasa – Jumat beroperasi pada pukul 08.00 – 15.30 WIB, sedangkan hari Sabtu – Minggu pukul 08.00 – 16.00 WIB. 

Tentunya, di Museum BI juga menyediakan tour dengan pemanduan yang dapat kamu ikuti setiap hari pada pukul 08.00, 09.00, 13.00 dan 14.00 WIB. Selanjutnya jam buka Museum Bank Indonesia untuk kunjungan virtual dapat dilakukan setiap hari Selasa, Rabu dan Kamis pukul 09.00 dan 13.00 WIB, kunjungan ini hanya dilayani melalui Whatsapp dan email.

Ketika ingin memasuki kawasan ini, kamu akan dikenakan biaya Tiket Masuk Museum Bank Indonesia Rp5.000/ orang. Terdapat pula tiket gratis yang dapat Dan untuk untuk pelajar / mahasiswa bebas biaya masuk dengan menunjukan kartu identitas. 

Ketika kamu tertarik mengunjungi salah satu museum yang berada di kawasan Kota Tua, lokasi Museum Bank Indonesia berada di  Jalan Pintu Besar Utara No. 3, Jakarta Barat.

Leave a Reply