Kebun binatang adalah salah satu alternatif liburan terbaik yang dapat kamu kunjungi bersama keluarga. Tak hanya menawarkan wahana kreasi, tempat berbagai hewan dilindungi ini juga memberikan sarana edukasi bagi anak-anak. Bagi kalian yang berada di daerah sekitar Jakarta tentu sudah tidak asing dengan Kebun Binatang Ragunan atau Ragunan Zoo. Salah satu wisata edukasi Jakarta ini selalu ramai pengunjung setiap harinya. Untuk itu, bagi kamu yang merencanakan berlibur ke Kebun Binatang Ragunan Jakarta, simak ulasan menarik berikut ini.

 

 

  • Sejarah Ragunan Jakarta
    Terdapat kisah unik dan bersejarah mengenai Ragunan Zoo. Kebun Binatang ini berlokasi di Jakarta Selatan, didirikan di atas lahan pemberian Raden Saleh pada tahun 1864. Sejak pendirian bangunan pertama sampai sekarang pun destinasi wisata tersebut telah beberapa kali berganti nama. 

 

 

Dulu taman wisata satwa ini dijuluki Planten En Dierentuin yang berarti tanaman dan kebun binatang.  Pada tahun 1949, julukan tersebut diubah menjadi Kebun Binatang Cikini. Dengan pesatnya perkembangan Jakarta, nama Cikini menjadi kurang tepat lagi untuk peragaan satwa, sehingga pemerintah merubahnya kembali menjadi Kebun Binatang Ragunan.

Kemudian di tahun 1964, Gubernur Dr. Soemarno membentuk Badan Persiapan Pelaksanaan Pembangunan guna memindahkan kebun binatang ke Pasar Minggu, Jakarta Selatan yang diketuai oleh Drs. T. H. E. W Umboh. Saat kepindahan itu, Pemerintah DKI Jakarta mendermakan lahan sekitar 30 hektar untuk wisata bersejarah ini.

Tak hanya membawa hadiah berupa lahan, kepindahan kebun binatang tersebut membawa lebih dari 450 ekor satwa yang dulunya adalah sisa koleksi terakhir di Kebun Binatang Cikini. Pada tanggal 22 Juni 1966 Ragunan Jakarta resmi dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Mayor Ali Sadikin dengan nama Taman Margasatwa Ragunan.

Tak berhenti sampai di situ, pada tahun 1983 wisata menarik ini kembali diubah menjadi Badan Pengelola Kebun Binatang Ragunan oleh pimpinan direktur pertama Benjamin Galstaun. Beralih ke tahun 2001, tercetuslah perubahan nama menjadi Kantor Taman Margasatwa Ragunan.

Perubahan nama terus dilakukan, pada tahun 2009 berubah lagi menjadi UPT Taman Margasatwa, sedangkan di tahun 2010 diganti menjadi Badan Layanan Umum Daerah Taman Margasatwa. Dengan sejarah perubahan namanya dari tahun ke tahun, maka Kebun Binatang ini pun terus mengalami perkembangan, kala itu luasnya mencapai 147 hektar dengan jumlah spesies 220 dan satwa 2101 ekor. Terakhir pada tahun 2015, destinasi wisata ini berubah nama menjadi Kantor Pengelola Taman Margasatwa Ragunan mengikuti peraturan daerah tahun 2014 tentang Organisasi Perangkat Daerah.

 

 

  • Satwa, Zona Rekreasi, Fasilitas dan Aktivitas Taman Wisata Ragunan Zoo
    Taman wisata ini tak hanya memiliki sejarah panjang tentang pergantian nama, namun ribuan koleksi satwa dan zona rekreasi menarik memenuhi setiap langkahmu di sana.  Berikut hal yang dapat kamu temukan di Ragunan Zoo.

 

Beberapa Jenis Satwanya :

  • Mamalia: Siamang, Harimau Sumatera, Harimau putih, Singa, Beruk, Kukang, Budeng, Tapir, Nilgai, Monyet Boti, Monyet Marmoset, Bekantan, Binturong, Banteng Jawa, Simpanse, Gajah Sumatera, Simpai, Yaki, Orangutan Kalimantan, Gorila, Babi Rusa, Monyet Kokka, Macan Tutul Sri Lanka, Sitatunga, Anoa, Rusa Totol,  Beruang Madu,  Lutung.

 

  • Reptil: Kura-Kura Pipi Merah, Komodo, Sanca Patola, Sanca Kembang, Biawak Salvator, King Kobra, Biawak Hitam, Kadang Lidah Biru, Kadal Maluku, Kadal Hijau, Sanca Sawah Putih.

 

  • Unggas dan Burung: Flamingo, Kasuari Gelambir Ganda, Pelikan, Elang Ikan Kepala Kelabu, Elang Irian, Kasuari Gelambir Tunggal, Jenjang Mahkota, Puyuh Mahkota Sengayan, Beo, Bangay Tongtong, Nuri Merah Punggung Kuning, Betet Kalung, Merak Biru, Kakatua Raja, Kakatua Jambul Kuning, Julang, Dara Mahkota Victoria, Elang Bondol, Nuri Coklat dan Burung Unta.

 

Zona Rekreasi :

  • Pusat Primata SCHMUTZER: Zona ini dikhususkan untuk menampung bermacam primata dari seluruh Indonesia. Dibangun dengan konsep alam bebas seolah satwa berada di habitat aslinya. Pengunjung dapat melihat melalui terowongan dan jembatan yang disediakan.
  • Taman Refleksi: Bagi yang gemar berswafoto, kamu dapat mengunjungi Taman Refleksi ini pada saat pagi atau sore hari untuk menghindari terik matahari. Tempat ini berupa taman yang dilengkapi dengan batu-batu sehingga disebut Taman Refleksi.
  • Taman Satwa Anak: Zona satu ini paling cocok untuk anak-anak karena terdapat banyak satwa yang disukai oleh mereka. Selain itu, di area taman Satwa Anak juga terdapat aquarium raksasa yang ditinggali ikan Arapaima dari sungai Amazon.
  • Taman Anggrek Ragunan: Nama Taman Anggrek Ragunan mungkin sudah tak asing bagi pecinta tanaman hias. Lokasi tersebut memiliki 42 kavling penjual berbagai jenis anggrek. Saking banyak jenisnya maka wisatawan juga bisa menjadikannya spot foto unik dengan background beragam bunga anggrek. Tak hanya menjual dan memamerkan tanaman hias saja, berbagai kebutuhan menanam pun tersedia lengkap disini.
  • Wahana Sepeda Ganda: Wahana ini menyediakan sepeda yang dapat dinaiki dua orang untuk mengelilingi area kebun binatang. Cocok untuk pengunjung khususnya yang membawa pasangan maupun teman.
  • Kuda Bendi: Hampir mirip dengan kereta kuda atau andong, Kuda Bendi membawa pengunjung berkeliling kawasan kebun binatang dengan tarif Rp15.000.
  • Perahu Angsa: Bagi kamu yang ingin menikmati suasana sejuk menggunakan perahu, hendaknya memilih wahana Perahu Angsa. Perahu Angsa yaitu perahu warna-warni yang ada di atas danau. Pengunjung dapat merasakan serunya mengayuh perahu mengelilingi danau.
  • Kereta Keliling: Kereta Keliling akan menjadi salah satu solusi saat sedang capai berkeliling. Wahana ini akan mengantarmu berkeliling kebun binatang dengan suguhan pemandangan indah.
  • Kuda Tunggang: Bukan hanya kereta kuda yang disediakan, kebun binatang ini menyediakan wahana menunggangi kuda layaknya seorang cowboy. Wahana Kuda Tunggang dibuka oleh semua kalangan termasuk anak-anak.
  • Onta Tunggang: Onta Tunggang adalah zona untuk pengunjung dapat berkeliling di sekitar kandang unta yang luas dengan menunggangi unta. Suasana seperti di padang pasir akan didapatkan dalam beberapa menit menungganginya.
  • Gajah Tunggang: Selain kuda dan unta, hewan Gajah Tunggang juga menjadi wahana paling digemari semua kalangan.
  • Pentas Satwa: Pengunjung dapat menyaksikan bermacam aksi hewan lucu seperti beruang bermain sepeda, kakatua bermain gelang dan memberi makan hewan.

Fasilitas Wisata Ragunan Zoo

  • Toilet
  • Area parkir luas
  • Kedai makanan
  • Tempat ibadah
  • Toko souvenir
  • Tempat rekreasi

Wahana dan Taman Bermain

  • Aktivitas Wisata saat Ragunan Buka
  • Mengenal dan belajar tentang flora dan fauna
  • Melihat teman penelitian primata
  • Mencoba bermacam wahana rekreasi
  • Menikmati area kebun binatang
  • Melihat Taman Anggrek Ragunan
  • Piknik dan rekreasi di lahan kebun binatang

 

 

  • Puskeswan Ragunan
    Puskeswan Ragunan ialah lembaga pelayanan kesehatan hewan yang dikelola pemerintah. Beberapa kelebihan yang dapat diperoleh ketika memeriksakan hewan ke Puskeswan Ragunan yaitu harga terjangkau dan pelayanan terbaik dengan jadwal praktek setiap hari kecuali Rabu. Puskeswan Ragunan Jakarta Selatan tidak menerima pembayaran tunai melainkan sistem debit kartu Jakcard atau membayarnya langsung di Bank DKI dan transfer melalui ATM. Biaya pemeriksaan berkisar antara Rp30.000 – Rp350.000 tergantung jenis hewan dan penanganannya. Kunjungi Puskeswan Ragunan di Jalan Harsono RM No. 36 – 28, Jakarta Selatan.

 

 

 

  • Jam Ragunan Buka dan Tiket Masuk Ragunan
    Wisata Ragunan buka setiap hari selasa – minggu mulai pukul 07.30 – 16.00 WIB. Dengan jadwal operasionalnya yang padat, maka sebelum jam Ragunan buka pun beberapa pengunjung pun rela mengantri untuk bisa menikmati keseruan berwisata disini.

    Harga tiket masuk Ragunan juga terjangkau, mulai Rp3.000 untuk anak-anak dan Rp4.000 tiket masuk orang dewasa. Terdapat metode pembayaran baru yang diterapkan oleh pihak kebun binatang mengenai pembayaran masuk, yakni tiket masuk dapat dibayar melalui kartu JakCard yang dikeluarkan Bank DKI.

    Selain itu, pengunjung juga dapat membeli kartu masuk Ragunan Zoo dengan harga Rp30.000 di loket masuk, harga tersebut sudah termasuk include biaya kartu plus saldo Rp20.000, sehingga nantinya tidak perlu membeli tiket dan tinggal menunjukkan kartu.

    Sistem penggunaan kartu bukan untuk per orang, jadi dapat dipakai saat Ragunan buka untuk rombongan asalkan saldonya cukup. Untuk lokasi wisata edukasi Jakarta ini berada di Jalan Harsono RM No. 1, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

 

 

 

  • Tips Liburan di Ragunan
    Ingin berlibur ke Kebun Binatang Ragunan namun khawatir salah langkah? Ikuti beberapa tips wisata berikut untuk memperoleh perjalanan lebih baik.

 

  1. Kunjungi lokasi lebih pagi untuk mendapatkan udara segar, tidak panas dan belum terlalu ramai.
  2. Gunakan transportasi umum agar tak perlu repot mencari lahan parkir.
  3. Usahakan parkit di dekat pintu keluar saat membawa kendaraan roda dua.
  4. Miliki kartu E-Money Jakcard sehingga memudahkan untuk masuk lokasi.
  5. Melihat papan peta terlebih dahulu
  6. Langsung menuju taman satwa yang diinginkan
  7. Gunakan fasilitas delman, sepeda atau kereta keliling jika tak mau kelelahan saat berkeliling.

 

Berlibur ke kebun binatang adalah pilihan yang tepat ketika ingin berwisata sekaligus belajar tentang beragam satwa. Itulah sebabnya ketika kamu berada di Jakarta, tempat ini bisa jadi tujuan kamu berwisata bersama keluarga. Jadi, ketika berada di Jakarta, apakah tertarik untuk berwisata di Kebun Binatang Ragunan?

Leave a Reply