Travel Tips

Soto Medan di King’s Cafe yang siap memanjakan lidah

King’s Cafe terkenal akan hidangannya yang penuh selera dan melezatkan. Untuk itu, saat sedang berada di sekitaran Citi M Hotel atau hendak menginap di sana, wajib banget untuk berkunjung di restoran Jakarta satu ini. Ada berbagai menu yang bisa jadi pilihan untuk menemani waktu luangmu. Salah satu menu yang wajib kamu coba saat berada di King’s Cafe yaitu Soto Medan. Soto merupakan makanan berkuah khas Indonesia yang punya cita rasa gurih dengan tekstur daging yang lembut dan disajikan dalam keadaan hangat. Selain itu, ketika berkunjung ke sini, kamu juga akan dipuaskan dengan suasana restoran yang nyaman dan pelayanan terbaik. Oleh sebab itu, ketika kamu tertarik mencoba Soto khas Medan khas King Cafe, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Sejarah Soto 

Sebelum kamu menikmati gurih dan lezatnya soto Medan khas Kings Cafe, soto merupakan makanan khas yang berasal dari negara tirai bambu, China. Makanan khas ini adalah campuran dari beberapa tradisi. Disebut dengan cau do, jao to, atau chau tu yang artinya jeroan dan rempah-rempah. Tertulis dalam buku Nusa Jawa Silang Budaya : Jaringan Asia yang menyebut kuliner ini kebanyakan dipengaruhi oleh masakan Tionghoa. Ditegaskan bahwa soto pertama kali diperkenalkan di pesisir pulau Jawa sejak abad ke-19. Nah, sejak saat itu soto mulai menyebar ke seluruh wilayah nusantara, termasuk Medan, Sumatera Utara. Berawal dari sejarah itulah sebutan Soto Medan tercetus. Soto juga semakin tersebar luas di seluruh Indonesia karena pedagang membutuhkan makanan cepat saji. Zaman dulu, pedagang Tionghoa mempekerjakan warga lokal untuk menjajakan soto menggunakan pikulan.

Selain itu, masyarakat Indonesia menyukai berbagai sajian soto, karena rempah-rempah yang digunakan terasa khas di lidah dan bikin nagih. Soto Medan mempunyai ciri khas tersendiri, yaitu santannya berwarna kuning kehijauan karena mengandung santan,rempah dan juga kental dengan jintan sebagai bumbu andalannya. Soto khas Medan tersebut disajikan bersama potongan daging, rempeyek, perkedel dan sambal kecap dengan taburan bawang goreng.

Soto Medan di Kings Cafe

Hampir sama dengan Soto pada umumnya, Soto Medan King’s Cafe ini menggunakan bahan berkualitas yang banyak ditemui di pasaran, namun, tentunya ada beberapa bahan khusus yang membuat kelezatan masakan lama ini menjadi semakin terasa. Jangan khawatir tentang budget kalau mau menikmati Soto Medan di Kings Cafe karena cukup terjangkau mulai dari Rp40.000 saja per porsinya. Selain harganya yang terjangkau, Soto khas King’s Cafe ini juga terkenal akan suwiran daging yang empuk dan melimpah, potongan telur rebus, bihun, tauge dan macam-macam topping menyehatkan lainnya. 

Selain itu, aroma kuah soto sangat menggugah selera karena terbuat dari campuran rempah-rempah seperti lengkuas, serai, jahe, kunyit, merica dan berbagai bahan lainnya yang siap memanjakan lidah. Tampilan Soto Medan yang disuguhkan pun juga tak kalah menggoda. Penyajiannya dengan kualitas terbaik, rasa asli nusantara serta bahan-bahan yang diolah sesuai dengan standar kesehatan.

Kenikmatan Soto Medan di restoran ini memang tidak diragukan lagi, bahkan Kings Cafe pun sudah memenangkan award best food selama 3 tahun. Penggunaan rempah terbaik membuat cita rasa yang segar, aroma rempah yang kuat dan khas. Selain itu, pilihan jenis soto pun juga ada beragam, mulai dari soto ayam, soto daging, babat, paru, atau soto campur. 

Terserah mau memilih yang mana dari salah satu varian tersebut, semua soto yang disajikan rasanya nikmat dan tiada duanya. Untuk cara penyajiannya pun dapat dipilih, apakah ingin dicampur dengan nasi atau dipisah. Bagi kamu penggemar makanan pedas, Soto Medan ini juga dapat menjadi pilihan yang tepat. Dengan menambahkan sambal pedas, jeruk nipis dan kecap manis, kelezatannya akan semakin melekat di lidah. 

Kandungan Gizi Soto

Punya cita rasa yang khas membuat semua kalangan menyukai soto. Tidak hanya itu, dalam satu porsi soto juga mengandung 312 kkal kalori, 14,29 gram lemak, 19,55 gram karbohidrat,  24,01 gram protein, 1,7 gram serat, 0,98 gram gula, 210 miligram sodium dan 298 miligram kalium. Cukup lengkap bukan? Jadi, hidangan soto sangat cocok untuk dijadikan menu santap siang maupun makan malam bersama keluarga dan kerabat dekat.

Manfaat Makan Soto Bagi Kesehatan

Selain lezat dan memiliki gizi yang melimpah, ternyata Soto juga mempunyai banyak manfaat lho! Manfaat soto bagi tubuh antara lain,

  • Kandungan protein yang tinggi pada soto dapat meningkatkan massa otot sekaligus mengusir lapar. Jadi cocok nih bagi kamu yang sedang diet.
  • Kandungan asam amino dapat meningkatkan kadar serotonin pada otak. Serotonin dapat meningkatkan atau memperbaiki suasana hati.
  • Kandungan fosfor efektif, untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang.
  • Kandungan mineral selenium dapat membantu memperbaiki sistem metabolisme tubuh.
  • Kandungan vitamin B6 berguna membantu mencerna makanan tanpa menyimpan sebagai lemak.
  • Kandungan retinol, alfa, beta karoten dan lycopene dapat menjaga ketajaman mata.

Bagaimana, cukup lengkap dan sangat bermanfaat bukan mengkonsumsi Soto Medan sebagai menu sarapan mau makan siang? Jadi, ketika berkunjung di sekitaran Jakarta wajib banget mampir ke Kings Cafe Jakarta dan mencoba menu satu ini. Dijamin bikin tidak ingin berhenti ngunyah dan nambah lagi. 

Leave a Reply